Cal Crutchlow Comeback ke MotoGP, Gantikan Andrea Dovizioso di 6 Seri Terakhir

Anindhya Danartikanya | 4 Agustus 2022 19:03
Test rider Yamaha MotoGP, Cal Crutchlow (c) Twitter/YamahaMotoGP

Bola.net - Test rider Yamaha, Cal Crutchlow, resmi bakal comeback ke MotoGP dan menjalani enam balapan terakhir musim 2022. Ia akan membela WithU Yamaha RNF MotoGP Team, menggantikan Andrea Dovizioso yang bakal pensiun setelah Seri San Marino di Sirkuit Misano pada 2-4 September 2022 mendatang.

Dovizioso sejatinya sudah memastikan dirinya takkan berlaga di MotoGP musim depan, dan hal ini ia nyatakan dalam wawancaranya dengan situs resmi kejuaraan pada pertengahan Juli. Ia menyatakan bahwa ia akan menepati janjinya, yakni takkan ngotot bertahan di MotoGP jika tak lagi bisa tampil kompetitif.

Namun, yang mengejutkan adalah fakta 'Dovi' memilih pensiun lebih awal, yakni setelah balapan di Misano, ketika musim balap 2022 bakal menyisakan enam seri. Dalam pernyataan resminya, Dovizioso mengakui keputusan ini diambil karena proyek yang ia dan Yamaha jalankan tak membuahkan hasil sesuai harapan.

1 dari 2 halaman

Kolaborasi Tak Berprogres

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing

Setelah empat tahun membela Honda, Dovizioso pernah membela Yamaha lewat Tech 3 Racing pada 2012 dan meraih enam podium. Ia sempat ingin pindah ke tim pabrikan Yamaha pada 2013, tetapi terhalang oleh kembalinya Valentino Rossi. Alhasil, ia memutuskan menerima tawaran membela Ducati Team.

Membela Ducati selama delapan tahun, Dovizioso meraih 14 kemenangan dan 3 gelar runner up. Namun, rider Italia ini masih bermimpi membela tim pabrikan Yamaha. Usai vakum pada 2021 dan menjadi test rider Aprilia, Dovizioso menerima tawaran dari Yamaha untuk membela RNF Racing dengan kontrak pabrikan pada 2022.

Meski tak membela tim utama, juara dunia GP125 2004 ini mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan terbaru. Sayang, hasilnya tak sesuai harapan. Dalam 11 seri pertama musim ini, hasil terbaiknya hanya finis ke-11 di Portimao. Melihat kolaborasi ini tak berprogres, Dovizioso dan Yamaha akhirnya memilih berpisah lebih awal.

2 dari 2 halaman

Cal Crutchlow-Andrea Dovizioso Pernah Bertandem

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Setelah balapan di Misano, Dovizioso pun akan gantung helm dan digantikan oleh Crutchlow, yang uniknya juga sudah memutuskan pensiun dari kompetisi pada akhir 2020. Crutchlow juga merupakan eks tandem Dovizioso di Tech 3 Yamaha pada 2012 dan Ducati Team pada 2014.

"Saya senang bisa kembali pada enam GP terakhir musim ini untuk @rnfracingteam. Kami ingin bersenang-senang, itulah yang utama dan terpenting, serta mencoba mendapatkan beberapa informasi berharga untuk Yamaha, dan bekerja sebaik mungkin untuk tim," ujar Crutchlow lewat Twitter Yamaha MotoGP.

Sebelumnya, Crutchlow sempat menggantikan Franco Morbidelli secara sementara di Petronas Yamaha SRT dan Monster Energy Yamaha musim lalu, ketika pembalap Italia yang juga runner up MotoGP 2020 itu harus absen panjang akibat cedera lutut kiri yang parah.

Sumber: Yamaha Motor Racing

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR