FOLLOW US:


Dorna Sports Takkan Paksa Valentino Rossi Tetap Balapan

19-05-2020 15:30

 | Anindhya Danartikanya

Dorna Sports Takkan Paksa Valentino Rossi Tetap Balapan
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan bahwa ia takkan memaksa Valentino Rossi untuk tetap balapan di MotoGP 2021. Jika sang sembilan kali juara dunia ternyata ingin pensiun pada akhir tahun nanti, maka Ezpeleta akan bersikap legawa. Hal ini ia sampaikan kepada Marca.

Saat ini, Rossi memang tengah menjadi sorotan. Tenggat waktu dari Petronas Yamaha SRT terus mendekat, namun ia belum juga menghubungi tim asal Malaysia tersebut untuk menyatakan niatan bergabung dan melakukan negosiasi mengenai berbagai aspek.

Padahal, Rossi sendiri yang sejak awal tahun ini menyatakan ingin tetap balapan pada 2021, dan kini Team Principal SRT, Razlan Razali, justru dibuat bertanya-tanya karena The Doctor tak segera memulai pembicaraan.

1 dari 3

Tak Perlu Dievaluasi dari Sisi Macam-Macam

Ezpeleta sendiri mengaku akan sangat mendukung jika Rossi ingin tetap balapan. Menurutnya, peran penting Rossi tak perlu dinilai dari segi pemasaran, melainkan sisi dirinya yang inspiratif karena masih punya motivasi tinggi untuk bertarung meski telah berusia 41 tahun.

"Vale sangatlah penting berdasarkan dirinya sendiri, tanpa harus dinilai dari sisi ekonomi, dan kami takkan menilainya dengan cara itu. Sangat penting baginya merasa nyaman untuk balapan. Selama ia mau balapan, maka bagus. Begitulah, tak perlu ada evaluasi dari sisi lain," ujarnya.

Ezpeleta juga menegaskan bahwa Rossi belum pernah membicarakan kemungkinan pensiun padanya, dan justru kerap menyatakan ingin tetap balapan. Meski begitu, Ezpeleta mengaku takkan memaksa Rossi untuk melakukan sesuatu yang tak ia sukai.

2 dari 3

Semua Terserah Valentino Rossi

"Saya dan Vale tak pernah membicarakan perkara pensiun. Ketika ia merasa harus mengatakan sesuatu, maka ia akan bilang kepada saya. Ia adalah sosok yang sangat penting bagi MotoGP selama bertahun-tahun. Semua terserah dia, bukan kami. Kami takkan mendorongnya melakukan sesuatu yang tak ia suka," ujarnya.

Di lain sisi, Ezpeleta mengaku dirinya bakal sangat senang jika Rossi akhirnya benar-benar mendapat kesepakatan untuk membela Petronas Yamaha SRT. "Jika terwujud, maka fenomenal! Jika ia suka Petronas, maka kami juga akan senang," pungkasnya.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika