FOLLOW US:


Ducati: Jorge Lorenzo Berencana Kembali Balapan Sejak Desember 2019

20-03-2020 17:06

 | Anindhya Danartikanya

Ducati: Jorge Lorenzo Berencana Kembali Balapan Sejak Desember 2019
Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo © MotoGP.com

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyatakan pihaknya telah mengetahui niatan Jorge Lorenzo untuk kembali balapan di MotoGP 2020 sejak Desember 2019. Hal ini disampaikan Ciabatti dalam wawancaranya dengan Moto.it baru-baru ini.

Lorenzo memang diketahui memutuskan pensiun pada akhir musim lalu sebagai rider Repsol Honda, usai kesulitan beradaptasi dengan RC213V dan dirundung cedera punggung berkepanjangan akibat kecelakaan hebat di Assen, Belanda, pada Juni.

Meski begitu, Lorenzo memutuskan menerima tawaran Yamaha untuk menjadi test rider mereka pada akhir Januari lalu. Tak hanya itu, ia juga menerima tawaran untuk turun sebagai pebalap wildcard di MotoGP Catalunya, Spanyol, 5-7 Juni nanti.

1 dari 2

Lorenzo Masih Semangat Berkendara

"Saya tak kaget. Saya sudah tahu sejak Desember ia punya gagasan kembali. Keputusan memutuskan kontrak dengan Honda diambil usai ia mengalami banyak kecelakaan, tak cocok dengan motornya, tak lagi merasa aman, dan hasilnya buruk sebagai seorang juara dunia," ujar Ciabatti.

Pria asal Italia ini pun mengaku dapat merasakan bahwa sang lima kali juara dunia masih punya gairah untuk menjalani balapan, dan atas alasan inilah ia menerima tawaran dari Yamaha.

"Ia masih punya semangat untuk berkendara, jadi atas alasan itulah ia menerima tawaran Yamaha untuk menjadi test rider. Katakanlah saya tak tahu, tapi saya sudah mengiranya," ujar Ciabatti, yang juga menaungi Lorenzo saat rider Spanyol itu membela Ducati pada 2017-2018.

2 dari 2

Penasaran Aksi Lorenzo di Catalunya

Ciabatti juga mengaku penasaran pada performa Lorenzo dalam menjalani balapan di Catalunya nanti, seri yang akan jadi balapan pertamanya bersama Yamaha sejak Seri Valencia pada 2016 lalu.

"Bakal sangat menarik melihatnya. Tapi kembali mengendarai motor dan melanjutkan mekanisme yang ada di kompetisi bakal rumit, terutama jika para rival Anda tiba di sirkuit dengan kondisi telah terlatih di banyak balapan sebelumnya," pungkasnya.

Seri perdana MotoGP 2020 rencananya akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 1-3 Mei mendatang jika tak ada halangan lebih lanjut dari pandemi virus corona (Covid-19).