FOLLOW US:


Fisik Lemah, Marc Marquez Hanya Jalani 7 Lap di Uji Coba Jerez

04-05-2021 12:57

 | Anindhya Danartikanya

Fisik Lemah, Marc Marquez Hanya Jalani 7 Lap di Uji Coba Jerez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku kondisi tubuhnya cukup lemah hingga ia hanya mampu menjalani tujuh lap dalam uji coba pascabalap MotoGP Jerez, Spanyol, pada Senin (3/5/2021). Hal ini ia sampaikan dalam rilis resmi tim usai uji coba berakhir.

Marquez yang masih dalam tahap rehabilitasi cedera patah tulang humerus kanan, secara mengejutkan mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 7 pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) pada Sabtu (1/5/2021). Akibat kecelakaan itu, Marquez sempat hilang ingatan sejenak.

Marquez juga kembali mengalami kecelakaan di Tikungan 4 pada sesi pemanasan (WUP) pada Minggu (2/5/2021) pagi. Dalam balapan, ia pun harus susah payah untuk finis di posisi sebaik mungkin. Ia pun akhirnya melewati garis finis di posisi kesembilan.

1 dari 3

Bukan Uji Coba yang Sesungguhnya

Seperti pembalap lainnya, Marquez pun kembali turun lintasan dalam uji coba pada Senin. Ia mendapatkan kesempatan untuk menjajal beberapa perangkat baru dari Honda, salah satunya adalah fairing, yang sudah sempat dijajal oleh sang test rider, Stefan Bradl, dalam uji coba pramusim di Qatar pada awal Maret.

Sayangnya, Marquez hanya dua kali turun lintasan. Pada kesempatan kedua, ia merasa tubuhnya sangat lemah. Alhasil, ia hanya menjalani tujuh lap. Delapan kali juara dunia ini mengaku bahwa area leher dan bahu kanannya terasa sangat kaku.

"Hari ini kami tak benar-benar menjalani uji coba. Saya hanya turun lintasan sekali, karena pada momen kedua badan saya sudah 'terkunci'. Leher dan bahu kanan saya sungguh kaku, mirip kondisi fisik saya setelah Portimao. Kecelakaan pada Sabtu tak membantu kondisi fisik saya," ujarnya.

2 dari 3

Ingin Lebih Bugar di Le Mans

Marquez pun mengira dirinya sudah cukup istirahat setelah balapan, namun kenyataannya tak demikian. Saat mulai berkendara, ia langsung sadar kondisinya tak ideal. "Saya pikir mungkin tubuh saya sudah 'panas' dan lebih baik, dan merasa sanggup mencoba," ungkapnya.

"Namun, saya bisa langsung merasakan bahwa level saya tidak baik. Kami bicara dengan tim dan memutuskan berhenti. Kami harus paham kondisi fisik saya harus membaik secara bertahap. Target selanjutnya adalah Le Mans, di sana kami harus lebih baik lagi," tutupnya.

Saat ini Marquez berada di peringkat 15 pada klasemen pembalap dengan koleksi 16 poin, tertinggal satu poin dari Pol Espargaro di peringkat 14. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Sumber: Honda Racing Corporation

3 dari 3

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa