FOLLOW US:


Kuasai Uji Coba Jerez, Maverick Vinales Langsung Pede Lagi Jelang MotoGP Le Mans

04-05-2021 11:35

 | Anindhya Danartikanya

Kuasai Uji Coba Jerez, Maverick Vinales Langsung Pede Lagi Jelang MotoGP Le Mans
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengklaim dirinya merasa sangat percaya diri menyongsong MotoGP Le Mans, Prancis, 14-16 Mei nanti, usai mencatat waktu tercepat dalam uji coba pascabalap di Sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (3/5/2021). Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net.

Vinales, yang memenangi Seri Qatar, belum naik podium lagi di tiga balapan terakhir. Dalam balapan di Jerez, Minggu (2/5/2021) ia hanya mampu finis ketujuh. Performanya juga tak segarang Fabio Quartararo, yang punya ritme balap sangat cepat dan konsisten, walau akhirnya hanya finis ke-13 akibat cedera arm pump.

Melihat perbedaan mencolok antara performanya sendiri dan performa Quartararo dalam tiga balapan terakhir, Vinales menganalisa semua data dalam uji coba kali ini. Top Gun menemukan perbedaan besar dengan El Diablo, yakni performa pengereman. Hal ini mengingatkannya pada musim 2019, saat Quartararo meraih tujuh podium.

1 dari 3

Beda Performa Pengereman dengan Fabio Quartararo

"Kami lihat semua data Yamaha dan coba mendapatkan titik kuat semua pembalap. Jadi, pada dasarnya dengan Fabio saya tertinggal pada pengereman. Cukup mirip dengan 2019. Saya sangat baik di bagian trek lainnya, namun hanya pada pengereman lah saya kehilangan semuanya. Kami pun fokus pada hal itu," ujar Vinales.

Dalam uji coba ini, Vinales mencatat waktu 1 menit 36,879 detik, dan secara mencengangkan menjalani 101 lap, empat kali lipat dari jarak balap di Jerez (25 lap). Ia pun jadi pembalap dengan jumlah lap terbanyak selama uji coba. Usai kerja keras ini, Vinales pun mengaku bisa melaju lebih cepat di Sektor 1 dan 3 dibanding balapan.

"Saya hanya harus bekerja keras di atas motor untuk diri saya sendiri, coba memahami cara mengerem lebih lambat. Namun, akhirnya saya menemukan keseimbangan lebih baik pada motor, dan tahu-tahu saya berkendara lebih cepat di Sektor 1 dan 3, di mana tadinya saya harus lebih baik," ungkapnya.

2 dari 3

Hari Terbaik di Atas YZR-M1

Kini Vinales pun lebih nyaman dengan performa ban depannya, dan tak sabar untuk berlaga di Le Mans. "Pada dasarnya saya dapat kepercayaan lebih besar pada ban depan. Jujur saja, ini hari terbaik saya di atas motor dan saya akan tiba di Le Mans dengan perasaan yang sangat baik," ungkap juara dunia Moto3 2017 ini.

Hal lain yang membuat Vinales senang adalah dirinya bisa tampil baik dengan setup dasar motor dan ban medium. Ia lebih bahagia lagi usai tetap mampu melaju cepat saat kondisi trek menjadi panas dan gripnya lebih rendah, dan ditambah angin kencang.

"Pagi ini gripnya sangat baik, karena dengan ban medium saya mampu mencatat 1 menit 37,1 detik dengan setup dasar. Jadi, itu kondisi yang sempurna. Namun, siang ini kondisinya berubah drastis. Saya cukup senang karena akhirnya lap saya sangat cepat, meski kondisi treknya sangat mengecoh akibat angin," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP