Honda: Kemenangan Marc Marquez Tak Jamin Masalah Sudah Teratasi

Anindhya Danartikanya | 21 Juni 2021 15:50
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Meski senang bukan kepalang Marc Marquez berhasil menang di MotoGP Sachsenring, Jerman, Minggu (20/6/2021), Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memperingatkan khalayak ramai bahwa ini sama sekali tak berarti bahwa segala kendala pada motor RC213V sudah teratasi. Hal ini ia nyatakan via MotoGP.com usai balap.

sebelum tiba di Sachsenring, Honda puasa kemenangan sejak terakhir kali Marquez menang di Seri Valencia 2019. Mereka juga hanya meraih dua podium sejak itu, lewat Alex Marquez yang finis kedua di Le Mans dan Aragon tahun lalu. Ini masa-masa terburuk Honda sepanjang partisipasi mereka di kelas tertinggi Grand Prix.

Empat rider mereka tahun ini, yakni Marquez Bersaudara, Pol Espargaro, dan Takaaki Nakagami harus susah payah untuk tampil kompetitif, mengalami banyak kecelakaan sejak awal musim, sulit mendapatkan grip ban belakang yang ideal. Alhasil, para insinyur dan teknis Honda Racing Corporation (HRC) pusing mencari solusinya.

1 dari 3 halaman

Honda adalah Honda, Bukan Pabrikan Kecil

Dalam berbagai uji coba, Honda juga diketahui menjajal berbagai konfigurasi aerodinamika, membawa sasis-sasis baru, meski Nakagami mencuri perhatian dalam MotoGP Jerez usai memutuskan kembali pakai sasis 2020. Ternyata, solusi itu pun belum jitu, hingga puasa podium dan kemenangan Honda makin panjang.

Meski senang bisa menang di Sachsenring, Puig pun menegaskan bahwa hasil ini bisa jadi terwujud hanya karena Sachsenring memang cocok untuk RC213V dan gaya balap Marquez, bukan karena kendala teknis mereka sudah teratasi. "Jujur saja, hari ini kami menang dan kami senang. Tapi kami tahu kami punya masalah," ujarnya.

"Kami tak menutup-nutupinya dan kami coba mengatasinya. Honda adalah Honda. Kami bukan pabrikan kecil. Kami perusahaan besar dan kami percaya pada usaha dan teknologi kami, dan kami akan coba mencari solusi. Tapi hari ini kami tetap tak bisa bilang bahwa kami punya motor sempurna," lanjut Puig.

2 dari 3 halaman

Pantang Menyerah adalah Kunci Penting

Puig pun menyatakan bahwa para insinyur dan teknisi Honda akan bekerja keras demi kembali membawa Honda lebih sering meraih kemenangan seperti sedia kala, tak hanya lewat Marc Marquez, melainkan juga tiga rider lainnya. "Hari ini kami dan Marc memang menang, namun ini tak berarti masalah kami sudah teratasi," tuturnya.

"Kami akan terus bekerja keras, dan kami tahu para rider akan membantu, tim dan Honda akan terus berusaha. Ini yang bisa kami lakukan, mencoba dan tak pernah menyerah. Ini kunci penting dalam spirit balapan, tetap ngotot tak peduli situasi apa yang tengah Anda hadapi dan selalu percaya bahwa Anda bisa menang," tutup Puig.

Berkat kemenangan ini, Marquez melonjak naik ke peringkat 10 pada klasemen pembalap dengan koleksi 41, menjadikannya rider Honda terbaik saat ini, mengasapi Espargaro, Takaaki Nakagami, dan adiknya sendiri, Alex Marquez.

Sumber: MotoGP

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR