FOLLOW US:


Honda Puji Debut Pol Espargaro Bareng RC213V di MotoGP Qatar

30-03-2021 14:58

 | Anindhya Danartikanya

Honda Puji Debut Pol Espargaro Bareng RC213V di MotoGP Qatar
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro © Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, melempar pujian pada Pol Espargaro yang menjalani MotoGP Qatar, balapan pertamanya di atas motor RC213V, dengan baik. Lewat situs resmi Honda Racing, Senin (29/3/2021), Puig mengaku salut Polyccio bisa mendapatkan kemajuan besar usai kesulitan di sesi latihan dan kualifikasi.

Pada uji coba pramusim, Espargaro sempat bikin takjub para rival karena langsung menyatu dengan RCV, motor yang selama ini dikenal hanya jinak di tangan Marc Marquez. Ia bahkan sempat dijagokan naik podium dan menang di Qatar. Nyatanya, rider Spanyol ini sulit menemukan ritme yang menjanjikan dalam sesi latihan.

Espargaro bahkan hanya duduk di posisi 12 dalam sesi kualifikasi. Pada lap pertama dalam balapan, ia mandek di posisi yang sama. Namun, pada Lap 10, Espargaro memutuskan menyerang. Dalam dua putaran saja, tahu-tahu ia menyalip Valentino Rossi, Miguel Oliveira, dan Jorge Martin. Pada Lap 20, ia juga menyalip Jack Miller.

1 dari 3

Alami Kemajuan Besar dalam Balapan

Alami Kemajuan Besar dalam Balapan
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro © Honda Racing Corporation

Puig menyatakan, Espargaro sejatinya melakukan start dengan baik, tapi sempat bersenggolan dengan juara bertahan dari Suzuki Ecstar, Joan Mir. "Saya bisa katakan balapan pertama Pol dengan mesin kami positif, walau sempat kesulitan di sesi latihan, sempat beberapa kali kecelakaan, sulit menemukan arah yang tepat," ujarnya.

"Namun, dalam balapan, ia mengalami kemajuan yang jelas. Ia dengan baik memperbaiki posisi, dan finis enam detik saja dari pemenang, padahal ia sempat mengalami insiden dengan Mir pada lap pertama, yang mengakibatkan tiga detik," ungkap pria Spanyol yang juga mantan manajer Dani Pedrosa ini.

Meski Espargaro hanya mampu finis kedelapan, Puig menyatakan hasil ini cukup positif untuk debutnya bersama Repsol Honda. Puig juga menyatakan hasil ini bisa dilihat sebagai hasil yang lebih gemilang andai Espargaro tak bersenggolan dengan Mir. Atas alasan ini, ia dan Honda merasa sangat puas atas kinerja Espargaro.

2 dari 3

Harapan Lebih Tinggi di MotoGP Doha

Harapan Lebih Tinggi di MotoGP Doha
Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig © Honda Global

"Hasil ini tak buruk untuk balapan pertama. Jika mengabaikan tiga detik yang hilang pada lap pertama, hasil ini bahkan lebih positif lagi. Kami sangat puas atas performanya. Ia mampu memahami motor kami dalam balapan dan memberikan informasi yang berguna bagi tim kami," tutur Puig, yang juga mengapresiasi umpan balik Espargaro soal performa RCV usai balap.

Kini Puig pun berharap Espargaro bebas masalah dan bisa tampil lebih baik lagi dalam balapan berikutnya, yakni MotoGP Doha, yang juga akan digelar di Sirkuit Losail pada 2-4 April mendatang. Jika melihat performa Espargaro akhir pekan lalu, Repsol Honda pun mengusung ekspektasi yang jauh lebih tinggi.

"Kami lihat start Pol dan ia mengalami insiden dengan Mir. Hal macam ini bisa terjadi dalam balapan. Lap pertama selalu rumit, apalagi jika tak start dari depan. Namun, lap demi lap, Pol mengejar. Sungguh seru, dan saya rasa 2-3 lap lagi ia bisa mengejar kelompok terdepan. Ini bukan pekan balap yang mudah, namun harapan kami jadi lebih tinggi pekan depan," tutup Puig.

Sumber: Honda Racing

3 dari 3

Video: Maverick Vinales Sukses Menangi MotoGP Qatar 2021