FOLLOW US:


Jatuh Saat Lawan Marc Marquez, Maverick Vinales Justru 'Senang'

28-10-2019 08:50

 | Anindhya Danartikanya

Jatuh Saat Lawan Marc Marquez, Maverick Vinales Justru 'Senang'
Maverick Vinales dan Marc Marquez © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, secara mengejutkan tak terlalu kecewa gagal finis dalam MotoGP Australia yang digelar di Sirkuit Phillip Island pada Minggu (27/10/2019). Vinales terjatuh di Tikungan 10 pada lap terakhir, ketika hendak menyalip rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Start dari pole, Vinales melorot ke posisi 6 pada lap pertama, namun secara perlahan mengambil alih pimpinan balap pada Lap 10. Sejak itulah ia dan Marquez 'melarikan diri' dari rider lainnya. Ketika Vinales memimpin, Marquez terus menempel, dan akhirnya menyalip di tikungan pertama pada lap penutup.

"Sebenarnya, saya sangat senang karena saya telah memberikan yang terbaik di setiap lap, dan hari ini bagi saya menang atau tidak sama sekali. Saya coba menjauh saat memimpin, tapi saat saya lihat tanda '15 lap, Marc +0,2', saya berkata, 'Oke, aku tunggu sampai lap terakhir'," ujar Vinales via Crash.net.

1 dari 2

Hanya Kepikiran Tikungan 10

Hanya Kepikiran Tikungan 10
Maverick Vinales terjatuh saat mencoba menyalip Marc Marquez di MotoGP Australia 2019. © MotoGP

Vinales mengaku membiarkan Marquez menyalip karena menyadari bahwa motor Honda lebih bertenaga. Di lain sisi, ia berusaha menghemat ban demi membalas Marquez di Tikungan 10. Sayangnya, ban belakang Vinales justru selip ketika keluar dari Tikungan 9. Alhasil, ia terjatuh dan balapannya berakhir di gravel.

"Saya tahu jika Marc sudah '+0', maka ia akan menyalip saya di trek lurus, dan itu wajar. Pikiran saya pun hanya tertuju pada Tikungan 10. Di sanalah saya kuat, tapi saya harus sangat dekat untuk menyerang. Saya menghemat sedikit ban, dan di Sektor 3 saya bisa memangkas margin," ungkap Top Gun.

2 dari 2

Sudah Antisipasi Kecelakaan

Vinales pun mengaku berpindah ke gigi satu, dan mengunci ban belakang, lalu terjatuh. Ia mengaku dirinya mungkin kelewat memaksa ban untuk berbelok demi mencoba masuk ke jalur dalam tikungan, dan mengakui bahwa kecelakaan itu murni kesalahannya sendiri.

"Di atas kerb atau tidak, saya berencana melaju tanpa rem untuk lihat apa yang terjadi. Jadi, jika kecelakaan tidak terjadi di Lukey Heights (Tikungan 9), maka pasti terjadi 10 meter setelahnya. Hari ini adalah balapan untuk menang, bukan untuk finis kedua. Saya dapat peluang, dan saya sudah mencoba," tutupnya.

Menjelang MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang akhir pekan ini, Vinales tetap berada di peringkat keempat pada klasemen pebalap dengan koleksi 176 poin, tertinggal 7 poin dari rider Suzuki Ecstar, Alex Rins, yang ada di peringkat ketiga.