FOLLOW US:


KTM Kaget Akhirnya Dani Pedrosa Mau Wildcard di MotoGP

22-07-2021 11:45

 | Anindhya Danartikanya

KTM Kaget Akhirnya Dani Pedrosa Mau Wildcard di MotoGP
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM Images/Polarity Photo

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, mengaku pihaknya cukup kaget sang test rider, Dani Pedrosa, akhirnya mau turun balapan sebagai rider wildcard. Seperti yang diketahui, Pedrosa akan turun di seri kandang KTM, MotoGP Styria, yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus mendatang.

Pedrosa, yang sepanjang kariernya tak pernah membela pabrikan selain Honda, memutuskan pensiun pada akhir 2018. Ia pun secara mengejutkan banting setir ke KTM, menjabat sebagai test rider. Sejak itu, ia membantu pengembangan pesat pada RC16, hingga sukses meraih 11 podium dan 4 kemenangan dalam 1,5 tahun terakhir.

"Dani telah meraih banyak hal dalam pengembangan KTM. Pada 2019, ia mengidentifikasi kelemahan kami sejak awal. Ia memberitahu apa yang benar-benar ingin ia ubah, dan ini sangat membantu. Dani telah mendukung kami dan meletakkan kami pada jalan yang tepat. Ia bekerja sangat baik," tutur Leitner via Speedweek, Selasa (20/7/2021).

1 dari 3

Akui Sulit Saingi Rider Zaman Sekarang

Akui Sulit Saingi Rider Zaman Sekarang
Mike Leitner dan Dani Pedrosa © KTM/Philip Platzer

Uniknya, tiga kali juara dunia ini diketahui sempat berkali-kali menolak rayuan para petinggi KTM agar ia turun balapan sebagai rider wildcard, berdalih tak mau lagi memikul beban kompetisi. Namun, kini akhirnya Pedrosa mau memenuhi permintaan itu, usai melihat kemajuan performa RC16 yang signifikan.

"Jelas hal besar jika Dani kini mau balapan. Kami terkejut ia mau balapan sebagai pembalap wildcard. Ia akhirnya mau mengambil tantangan ini usai begitu lama (tak balapan). Tapi jelas bakal sangat sulit berkompetisi dalam persaingan MotoGP yang sekarang," ujar Leitner yang juga eks crew chief Pedrosa di Repsol Honda sampai 2013.

2 dari 3

Ingin Pedrosa Bandingkan Diri dengan Pembalap Lain

Namun, pria asal Austria ini menyatakan, turun balapan memang sangat penting dilakukan oleh para test rider MotoGP, agar mereka memahami situasi nyata yang dialami para pembalap reguler di lintasan. Sistem ini pula yang selalu dilakukan oleh Ducati, Honda, dan Suzuki, hingga KTM ingin Pedrosa melakukan hal serupa.

"Dani adalah test rider kami, dan jelas ini bakal sangat berharga untuk pengembangan RC16. Kinerjanya dalam uji coba bisa lebih baik jika ia bisa mengukur diri dengan melawan para rider MotoGP yang ada sekarang. Ia akan tahu pendekatan sesi latihan, kualifikasi, dan balapan. Jadi, ini akan sangat membantu kami," tutup Leitner.

Sumber: Speedweek

3 dari 3

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022