FOLLOW US:


Dani Pedrosa Tolak Sesumbar Target Jelang 'Comeback' di MotoGP Styria

21-07-2021 11:38

 | Anindhya Danartikanya

Dani Pedrosa Tolak Sesumbar Target Jelang 'Comeback' di MotoGP Styria
Dani Pedrosa © KTM Images/Gorodniakova I.

Bola.net - Test rider KTM, Dani Pedrosa, memilih merendah soal target hasil balap menjelang aksi 'comeback' lewat fasilitas wildcard di MotoGP Styria, yang bakal digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus mendatang. Hal ini ia nyatakan mengingat ia sudah 995 hari tak menjalani satu pun balapan.

Pengumuman kembalinya Pedrosa berkompetisi lewat wildcard dirilis oleh KTM pada Selasa (20/7/2021), usai rumor dirinya akan turun balapan mulai beredar di sela MotoGP Jerman dan Belanda pada Juni lalu, yakni setelah Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyebutnya 'jelas' akan turun balapan musim ini.

Pedrosa sendiri pensiun balapan pada akhir 2018, usai 18 tahun berkarier di Grand Prix dan setia membela Honda, di mana 13 tahun di antaranya ia habiskan bersama Repsol Honda di kelas para raja. Usai berhenti berkompetisi, ia uniknya banting setir ke KTM dan menjadi test rider utama pabrikan Austria itu.

1 dari 3

Cari Perspektif Berbeda untuk Kembangkan RC16

Cari Perspektif Berbeda untuk Kembangkan RC16
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM Images/Polarity Photo

"Super menarik jadi bagian dari proyek ini sejak awal bersama KTM, serta bisa berbagi pengalaman dengan mereka. Selangkah demi selangkah, kami bekerja dengan cara terbaik, dan kini sangatlah menarik untuk kembali balapan, karena ini bisa memberi perspektif berbeda dibandingkan dengan uji coba yang normal," ujar Pedrosa.

Sejak jadi test rider, pria asal Spanyol ini pun langsung menjadi sosok super penting dalam pengembangan RC16. Kerja kerasnya terbukti membantu KTM meraih delapan podium dan tiga kemenangan pada 2020, dilanjut dengan tiga podium dan satu kemenangan dalam sembilan seri perdana musim 2021.

Meski begitu, tadinya Pedrosa kerap menolak rayuan KTM untuk turun sebagai rider wildcard di MotoGP, berdalih tak ingin lagi memikul beban kompetisi. Namun, usai melihat gemilangnya performa RC16 belakangan ini, The Little Samurai akhirnya mengakui kans turun balapan sebagai jadi rider wildcard semakin masuk akal dilakukan tahun ini.

2 dari 3

Tugas Utama Tetap Jajal Perangkat Baru

Pedrosa pun sadar, mengingat balapan terakhirnya adalah MotoGP Valencia 2018, di mana ia finis kelima, ia ogah mematok target muluk di Seri Styria. Apalagi, tugas utamanya bukanlah meraih hasil balap oke, melainkan mengonfirmasi berbagai perangkat RC16 yang diharapkan nantinya bisa dipakai para pembalap reguler KTM.

"Sudah lama sejak balapan terakhir saya, dan tentu mentalitas dalam Grand Prix sangat berbeda dari uji coba. Fokus saya adalah menjajal banyak hal yang kami punya di situasi balap. Saya ingin paham permintaan para pembalap untuk berbagai sesi dan fitur teknis berbeda," ungkap juara dunia GP125 2003, GP250 2004, dan GP250 2005 ini.

"Demi lebih jauh memahami teknologi baru motor MotoGP dan strategi dalam melawan para rival, kami pun memakai wildcard ini. Sulit bicara soal ekspektasi usai lama jauh dari kompetisi. Saya bisa saja langsung cocok dengan mentalitas balap, tapi juga bisa tidak. Namun, kami akan coba menikmati akhir pekan sebaik mungkin," tutup Pedrosa.

Sumber: KTM Factory Racing

3 dari 3

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022