FOLLOW US:


KTM Minta Dani Pedrosa Balapan Lagi demi Pahami Level Terkini MotoGP

21-07-2021 15:14

 | Anindhya Danartikanya

KTM Minta Dani Pedrosa Balapan Lagi demi Pahami Level Terkini MotoGP
Mike Leitner dan Dani Pedrosa © KTM/Philip Platzer

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, membeberkan alasan KTM menurunkan sang test rider, Dani Pedrosa, dalam balapan MotoGP Styria, yang digelar di Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus. Lewat rilis tim, Selasa (20/7/2021), Leitner menyatakan ini semua agar Pedrosa memahami level persaingan MotoGP yang terkini.

Seperti yang diketahui, Pedrosa telah pensiun berkompetisi pada akhir 2018 lalu, usai 18 tahun berkarier di Grand Prix bersama Honda, yang 13 tahun di antaranya ia habiskan dengan Repsol Honda di kelas para raja. Setelahnya, ia pun menjabat sebagai test rider KTM dan memberikan masukan penting untuk pengembangan RC16.

Sejak itu pula, para petinggi KTM kerap merayunya untuk turun balapan dengan fasilitas wildcard, namun tiga kali juara dunia itu terus menolak. Namun, Pedrosa akhirnya luluh dan memenuhi permintaan tersebut tahun ini, usai melihat perkembangan performa RC16 yang signifikan selama dua tahun belakangan.

1 dari 3

Sangat Berpengaruh pada Proyek KTM

Sangat Berpengaruh pada Proyek KTM
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM Images/Polarity Photo

"Sangat menarik melihat Dani kembali balapan di MotoGP. Ia sudah tak balapan cukup lama, namun bakal berharga melihatnya di garasi Red Bull Ring demi menganalisa perangkat yang kuat dan tak terlalu kuat dari paket RC16 dalam kondisi balapan. Ini akan memberinya indikasi yang baik untuk kinerjanya dalam uji coba," ujar Leitner.

Leitner, yang juga eks crew chief Pedrosa di Repsol Honda sampai akhir 2013, menyatakan bahwa selama ini KTM sudah menjadikan Pedrosa dan Mika Kallio sebagai referensi dalam pengembangan RC16. Terbukti dari 11 podium, termasuk empat kemenangan yang mereka raih sepanjang 2020 dan paruh pertama musim 2021.

"Dani berpengaruh besar dalam proyek kami berkat semua pengalamannya. Kami bekerja keras mengikuti semua permintaannya, bersamaan permintaan Mika. Dani adalah referensi yang baik, mengingat ia pensiun pada akhir 2018 dalam level yang baik. Kita bisa lihat pengaruhnya pada kesuksesan KTM RC16 yang sekarang," lanjut Leitner.

2 dari 3

Ingin Dani Pedrosa Bersenang-senang

Meski begitu, Leitner yakin, peran Pedrosa akan semakin optimal jika ia memahami situasi yang dialami para pembalap reguler KTM dalam kondisi balapan. Apalagi, level persaingan MotoGP semakin acak dan tak terprediksi sejak Pedrosa memutuskan mundur dari kompetisi.

"Dani akan mendapatkan perpaduan antara motor kami yang sekarang dan beberapa upgrade kecil. Ia juga akan melakukan beberapa tes dalam pekan balap nanti, tapi kami juga tak mau bikin tugasnya terlalu banyak. Kami ingin ia menikmati balapan!" ungkap pria asal Austria ini.

"Ada banyak rider muda dan kuat di MotoGP saat ini, jadi ia bakal sibuk. Namun, ini cara terbaik baginya untuk belajar lebih jauh dan merasakan level persaingan terkini. Ini akan membantu uji coba kami di masa depan," pungkas Leitner, yang juga merupakan Wakil Presiden Divisi On-Road KTM ini.

Sumber: KTM Factory Racing

3 dari 3

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022