FOLLOW US:


Lagi, Alex Marquez Bakal Uji Coba MotoGP di Jerez

15-11-2017 11:20
Lagi, Alex Marquez Bakal Uji Coba MotoGP di Jerez
Alex Marquez © AFP

Bola.net - Rider Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Moto2 sekaligus adik Marc Marquez, Alex Marquez bakal menjalani uji coba pascamusim MotoGP di Jerez, Spanyol pekan depan. Hal ini diumumkan sang manajer tim Michael Bartholemy kepada MotoGP.com di sela uji coba MotoGP Valencia, Spanyol, Selasa (14/11).

Uji coba nanti bukanlah yang pertama bagi Marquez mengendarai motor MotoGP. Ia pernah mendapat kesempatan yang sama sebagai hadiah dari Honda usai sukses menjuarai Moto3 2014. Rider 21 tahun ini juga beberapa kali sempat diminta turun lintasan oleh Repsol Honda dalam uji coba tertutup.

Bartholemy menyatakan keputusan menurunkan Marquez tercetus akibat cederanya sang debutan, Thomas Luthi dan para anggota tim yang masih baru, termasuk sang crew chief, Gilles Bigot. Marc VDS tak ingin tiba di uji coba pramusim Malaysia tahun depan dengan tim yang tak tahu apa-apa soal MotoGP.

"Kami akan uji coba 1,5 hari pekan depan di Jerez karena Tom sedang cedera. Kami juga punya sedikit masalah karena tim kami sebenarnya baru, begitu pula crew chief-nya. Kami punya telemetris dan mekanik baru. Jadi kami tak mau datang ke Sepang dengan rider dan tim yang benar-benar tak tahu soal motor, ban dan setup MotoGP," ujarnya.

Dalam uji coba Valencia pada Selasa (14/11), Luthi pun digantikan oleh test rider Honda, Takumi Takahashi. Namun Bartholemy menyatakan latar belakang Takahashi yang tak berasal dari Moto2 tak akan cukup menggali pengalaman Bigot demi mendampingi Luthi tahun depan.

"Keputusan saya bertujuan investasi. Di sini ada Takahashi, tim bisa belajar. Tapi ide saya soal Alex adalah agar Gilles bisa memahami komentar seorang rider Moto2 saat mengendarai motor MotoGP. Saya rasa komentar Alex bakal mirip dengan Tom. Takahashi tak datang dari Moto2, jadi inilah alasan saya meminta Honda menurunkan Alex di Jerez," pungkasnya. (ms/mgp/kny)