FOLLOW US:


Maklumi Cedera Dovizioso, Ducati: Rider Lain Juga Latihan Motocross Kok

01-07-2020 10:25

 | Anindhya Danartikanya

Maklumi Cedera Dovizioso, Ducati: Rider Lain Juga Latihan Motocross Kok
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengaku tak terlalu gusar atas cedera patah tulang bahu yang dialami rider Ducati Team MotoGP, Andrea Dovizioso, usai kecelakaan dalam balapan kejuaraan regional motocross Monte Coralli di Faenza, Italia, Minggu (28/6/2020).

Usai kecelakaan, Dovizioso segera dilarikan ke Policlinica Modena. Sekalinya tahu tulang bahu kirinya patah, rider 34 tahun itu memutuskan untuk menjalani operasi pada malam itu juga demi pulih tepat waktu sebelum seri perdana MotoGP 2020 digelar di Jerez, Spanyol.

Dokter pun menanamkan sebuah plat dan enam sekrup pada tulangnya, dan memperkirakan 'Dovi' bisa pulih dan kembali bugar dalam tiga pekan saja. Pada Selasa (30/6/2020), lewat MotoGP.com, Ciabatti bahkan mengonfirmasi bahwa Dovizioso bahkan sudah mulai menjalani fisioterapi.

1 dari 3

Ikut Balapan Motocross Sebagai Persiapan MotoGP 2020

Ciabatti juga menyatakan kecelakaan motocross bisa terjadi pada siapa aja, tak hanya Dovizioso, mengingat kebanyakan rider MotoGP juga sangat menggilai metode latihan yang sama. Hanya saja, kebetulan kecelakaan yang dialami Dovizioso ini terjadi dalam sebuah balapan, bukan sekadar sesi latihan.

"Andrea baik-baik saja. Memang apa yang terjadi sungguh disayangkan. Tapi kebanyakan rider MotoGP sangat suka motocross untuk latihan. Kami pun memberikan izin kepada Andrea untuk ikut balapan karena ia bilang kepada kami bahwa untuk mempersiapkan diri menuju balapan, ia membutuhkan mood yang tepat," ujarnya.

Ciabatti juga menyatakan bahwa sebelum ikut balapan di Monte Coralli, Dovizioso sendiri sudah nyaris setiap hari berlatih motocross dengan sang tandem, Danilo Petrucci. Jadi, risiko kecelakaan memang selalu ada, dan kini ia hanya berharap Dovizioso memang bisa pulih tepat waktu.

2 dari 3

Diperkirakan Membaik dalam 10-15 Hari

"Kami tahu ada beberapa risiko, tapi nyatanya Andrea dan Danilo memang terbiasa latihan motocross nyaris setiap hari. Jadi, hal macam ini bisa terjadi. Untungnya, cedera Andrea ditangani oleh dokter yang sangat baik di Modena hanya beberapa jam setelah insiden," ungkap Ciabatti.

"Andrea sendiri sudah boleh pulang dari rumah sakit. Ia pun diperkirakan bakal kembali bugar dalam 10-15 hari. Ia bahkan sudah melakukan fisioterapi ringan malam ini. Ia merasa menyesal atas insiden ini, tapi ini memang bisa saja terjadi. Untungnya, ini tak memengaruhi partisipasi di Jerez," pungkasnya.

Dovizioso dan para rider MotoGP lainnya akan kembali berjumpa di lintasan pada seri pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP Dimulai Pertengahan Juli 2020