FOLLOW US:


'KTM Banyak Berutang Budi pada Pol Espargaro'

01-07-2020 09:45

 | Anindhya Danartikanya

'KTM Banyak Berutang Budi pada Pol Espargaro'
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro © KTM/Polarity Photo

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal, yakin KTM telah berutang banyak pada Pol Espargaro, yang telah menjadi ujung tombak pengembangan motor RC16 di MotoGP sejak 2017. Hal ini disampaikan Poncharal dalam wawancaranya dengan Crash.net pada Selasa (30/6/2020).

Poncharal sendiri tadinya menaungi Espargaro di Monster Yamaha Tech 3 pada 2014-2016, dan rider Spanyol tersebut pindah ke Red Bull KTM Factory Racing pada 2017. Sejak itu, Polyccio menjadi garda terdepan KTM dan mengemban tugas sebagai pengembang utama RC16.

Para petinggi KTM sendiri mengakui, tanpa Espargaro, mereka tak mungkin bisa mendapatkan progres signifikan pada performa RC16 dalam tiga musim saja. Tadinya sempat start terbuncit, kini Espargaro malah menunjukkan KTM sudah punya potensi bertarung di lima besar.

1 dari 3

Sempat Kesulitan di Yamaha

Sempat Kesulitan di Yamaha
Pol Espargaro © KTM/Jesus Robledo

Sayang, KTM kini justru harus legawa melepas Espargaro. Pasalnya, meski belum ada pengumuman resmi, rider 29 tahun itu sangat santer dikabarkan merapat ke Repsol Honda, tim paling prestisius di MotoGP, untuk bertandem dengan rivalnya sejak anak-anak, Marc Marquez.

"Pol mengagumkan, sangat berkarisma. Ia selalu punya suasana hati yang baik, bersemangat, dan positif. Tak mudah baginya di Yamaha, karena ia sangat agresif dan M1 harus dikendarai dengan halus. Tapi jujur, kami bersenang-senang saat ia membela kami," kenang Poncharal.

Meski sempat heran melihat Espargaro nekat ke KTM pada 2017, Poncharal tetap yakin masa-masa berat mengembangkan RC16 justru mendewasakan Espargaro sebagai pebalap. Inilah yang diyakini Poncharal bisa membantu Espargaro cocok saat membela Repsol Honda pada 2021 nanti.

2 dari 3

Pol Espargaro Sudah Banyak Belajar

Pol Espargaro Sudah Banyak Belajar
Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal © MotoGP.com

"Saya yakin ia banyak belajar. Saya bahagia melihatnya memimpin tim pabrikan saat ia bergabung dengan KTM. Saya tak tahu apa yang harus saya pikirkan saat ia pergi, tapi Pol sangat bahagia dengan peran barunya: mengembangkan motor," tutur Poncharal.

"Saya rasa KTM berutang banyak pada apa yang sudah ia lakukan. Pol telah berkembang pesat dan sangat menarik melihatnya di atas Honda. Saya tak mau bilang mesinnya mirip dengan KTM, tapi kedua mesin ini butuh gaya balap yang mirip untuk dikendarai," tutup pria asal Prancis ini.

Espargaro yang sudah menjalani uji coba tertutup bersama KTM di Misano, Italia, pada 10-11 dan 23-25 Juni lalu, akan kembali turun lintasan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika