FOLLOW US:


Marc Marquez: Alex Ingin Pahami Rem Karbon? Belajar Dong!

23-11-2019 11:05

 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez: Alex Ingin Pahami Rem Karbon? Belajar Dong!
Alex Marquez dan Marc Marquez © Box Repsol

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, membeberkan hal perdana yang dikatakan sang adik sekaligus tandem barunya, Alex Marquez, usai menjajal motor RC213V untuk pertama kali dalam uji coba pascamusim MotoGP Valencia, Spanyol, Selasa (19/11/2019).

Dalam uji coba itu, Alex tak langsung bergabung dengan kru Repsol Honda, melainkan dengan kru Takaaki Nakagami di LCR Honda. Dua kali juara dunia itu juga belum diberi kesempatan mengendarai RCV versi 2020, melainkan versi 2019 untuk mempelajari karakternya.

Alex mengejutkan banyak pihak karena nekat turun lintasan begitu awal, padahal cuacanya sangat dingin dan treknya licin. Ia terjatuh di Tikungan 10, dan beruntung lolos dari cedera. Alex pun mengaku pada Marc bahwa dirinya masih harus memahami cara kerja rem karbon.

1 dari 2

Bakal Jauh Berbeda dari Moto2

"Hal pertama yang ia katakan adalah, 'Kau tak memberitahuku soal cara kerja rem karbon!' karena pada lap kedelapan ia terjatuh. Ini tipikal jika Anda datang dari Moto2, toh ini terjadi juga pada saya dalam uji coba tertutup di Malaysia (akhir 2012)," ujar Marc via Marca.

Atas alasan ini Marc pun menyuruh adiknya untuk belajar lebih giat dan bekerja lebih keras demi memahami segala aspek motor MotoGP, tak hanya rem karbon. Pasalnya, kategori ini akan sangat jauh berbeda dibanding Moto2, kelas yang digeluti Alex selama lima tahun.

"Rem karbon memang berbeda dengan rem Moto2. Alex dan Brad (Binder) sama-sama mengalaminya. Jadi Alex harus bekerja lebih keras beradaptasi, karena konsep pengereman dan performa di tikungan bakal sangat berbeda," ungkap Marc.

2 dari 2

Butuh Usaha Besar Jinakkan Honda

Di lain sisi, delapan kali juara dunia ini juga tak memungkiri bahwa Honda motor yang sangat sulit dipelajari oleh pebalap lain, apalagi seorang debutan seperti Alex. Meski akan memberikan sedikit bimbingan, Marc mengaku akan tetap fokus pada tugasnya sendiri.

"Honda merupakan motor yang jatuh bersama saya berkali-kali demi mencari limit performa dan motor ini harus dijinakkan dengan usaha besar. Saya sendiri akan tetap bekerja dengan fokus dan mentalitas yang sama, demi meraih gelar dunia lagi," pungkasnya.

Dalam uji coba pascamusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 25-26 November nanti, Alex baru akan bergabung di garasi Repsol Honda. Ia akan bekerja dengan kru yang ditinggalkan Jorge Lorenzo, termasuk sang crew chief, Ramon Aurin.