FOLLOW US:


Marc Marquez Takkan Uji Coba Formula 1 Tahun Ini

14-05-2019 13:00
Marc Marquez Takkan Uji Coba Formula 1 Tahun Ini
Marc Marquez, Alexander Albon, Max Verstappen, Daniil Kvyat, dan Pierre Gasly. © Facebook/Marc Marquez

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku takkan menjalani uji coba kedua dengan mobil Formula 1 tahun ini. Ia pun mengaku akan mencoba lebih fokus dalam usahanya merebut gelar dunia MotoGP yang keenam. Hal ini ia sampaikan kepada Sky Sport Italia.

Bersama sang adik, Alex Marquez, Marquez diundang oleh Aston Martin Red Bull Racing Honda untuk menonton sesi latihan F1 GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada Jumat (10/5) lalu, sebelum bertolak ke Leipzig, Jerman untuk menonton laga Bundesliga dengan Stefan Bradl.

Meski takjub pada teknologi dan kecepatan mobil F1, Marquez mengaku bersyukur dirinya berkompetisi di MotoGP. Menurutnya, level performa mobil di F1 kurang merata, sungguh berkebalikan dengan MotoGP, yang kini justru sangat ketat karena level performa semua motor sangat berdekatan.

"Untungnya, MotoGP agak berbeda. Anda butuh mobil yang tepat di F1. Jika tidak, Anda tak bisa melakukan apa pun. Mercedes masih merupakan yang terkuat, tapi saya harap tim lain mampu mendekati mereka. Ini bakal lebih baik untuk pertunjukan," ujarnya.

1 dari 2

Ingin Uji Coba Lagi, Tapi Tidak Sekarang

Ingin Uji Coba Lagi, Tapi Tidak Sekarang
Marc Marquez © Twitter/Marc Marquez

Marquez sendiri pernah menjalani uji coba F1 bersama Scuderia Toro Rosso di Red Bull Ring, Austria tahun lalu. Ia mengendarai mobil yang dikendarai Sebastian Vettel pada 2013, dan para petinggi Red Bull menilainya punya potensi besar di arena F1.

Tujuh kali juara dunia ini sempat mengaku ingin kembali menjalani uji coba F1 di masa mendatang, yang sudah mendapatkan lampu hijau dari Red Bull Racing. Meski begitu, Marquez menegaskan bahwa uji coba itu takkan digelar tahun ini.

"Saya sudah menjalani uji coba. Saya sangat menikmatinya. Saya sudah bilang pada mereka bahwa saya ingin mencobanya lagi. Tapi tahun ini saya fokus pada perebutan gelar dunia. Musim balap saya sangat ketat dan sangat sulit untuk mencari celah waktu," ungkapnya.

Uniknya, Marquez bukan satu-satunya rider MotoGP yang hadir dalam F1 GP Spanyol kali ini, dan rider tersebut juga sangat ingin mendapat kesempatan mengendarai mobil F1.

2 dari 2

Quartararo Juga Diundang Mercedes

Quartararo Juga Diundang Mercedes
Fabio Quartararo saat menghadiri F1 GP Spanyol 2019. © Instagram/FabioQuartararo20

Rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo juga hadir sebagai undangan Mercedes AMG Petronas. Kehadiran El Diablo ini merupakan balasan untuk kunjungan Lewis Hamilton, yang menjadi tamu Petronas Yamaha SRT di MotoGP Qatar pada Maret lalu.

Quartararo, yang sangat mengidolakan Hamilton dan F1, sungguh senang mendapat kesempatan ini. "Saya adalah penggemar berat F1, dan saya sama sekali tak mau melewatkan satu balapan pun. Saya juga akan sangat senang bila bisa menjajal mobilnya," ungkap rider 20 tahun ini.

Saking senangnya, pebalap Prancis ini mengunggah foto dirinya bersama mobil Hamilton ke Instagram, yang disambut hangat oleh Mercedes. "Baju balapku sudah siap, Kawan! Aku akan menunggu panggilan dari kalian!" tulis Quartararo.

Marquez dan Quartararo akan kembali turun lintasan di MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, 17-19 Mei nanti.