FOLLOW US:


Marc Marquez Yakin Takkan Menang di Assen, Pilih Fokus Pulihkan Bahu

25-06-2021 12:11

 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez Yakin Takkan Menang di Assen, Pilih Fokus Pulihkan Bahu
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © AP Photo

Bola.net - Meski sukses menang besar di Sachsenring, Jerman, Marc Marquez memilih merendah di MotoGP Assen, Belanda, 25-27 Juni. Rider Repsol Honda ini yakin kesuksesannya di Sachsenring terbantu karakter trek yang cocok untuknya karena banyak tikungan kiri, dan memprediksi bakal kesulitan lagi di Assen yang banyak tikungan kanan.

Hal ini disampaikan Marquez lewat jumpa pers di Assen pada Kamis (24/6/2021), hanya empat hari usai menang di Sachsenring, yakni kemenangan perdananya dan Honda usai penantian 581 hari. Rider 28 tahun ini mengakui kemenangan itu sangat penting bagi moral dan motivasi timnya, namun sikap realistis juga harus dipertahankan.

"Kemenangan di Sachsenring tentu sangat penting. Salah satu kemenangan paling penting dan paling berat dalam karier saya. Kemenangan ini datang pada momen yang sangat krusial karena kami dalam situasi yang berat dan ini memberi kami motivasi tinggi, terutama saya, tim, dan Honda, karena sudah lama kami tak menang," ujarnya.

1 dari 3

Sekadar Ingin Samai Level di Mugello dan Catalunya

Marquez menyatakan, kemenangan di Sachsenring sangat penting bagi timnya untuk menjaga suasana hati tetap baik sebelum menjalani rehat musim panas selama lima bulan, di mana mereka akan coba meningkatkan performa RC213V yang belakangan ini jeblok, juga di mana ia akan kembali fokus memulihkan cedera lengan dan bahu kanan.

"Saya rasa kami akan kembali ke situasi kami yang sesungguhnya, namun kemenangan itu jelas penting sebelum musim panas. Setelah balapan di Assen, kami akan punya masa rehat lebih dari sebulan untuk melanjutkan program dan proses pengembangan kami," tutur kakak Alex Marquez ini.

Marquez juga menyatakan, targetnya di Assen bukanlah tampil segarang di Sachsenring, melainkan menyamai levelnya di Mugello dan Catalunya. "Kita lihat nanti apakah saya bisa berkendara lebih baik ketimbang di Mugello dan Montmelo. Namun, saya tak berharap bisa tampil dengan level yang sama seperti di Sachsenring," ungkapnya.

2 dari 3

Target Pulihkan Bahu pada Musim Panas

Marquez juga mengungkapkan target pemulihan yang akan ia bidik selama musim panas. Ia menyebut bahwa tulang lengannya kini sudah makin solid, namun bahunya yang masih mengalami komplikasi masih sangat kesakitan. Hal inilah yang membuatnya sulit menerka di mana level performanya yang asli.

"Musim panas ini bakal penting bagi saya, karena lengan dan terutama bahu saya masih terasa aneh saat mendapatkan tekanan tinggi. Contohnya dalam uji coba Montmelo. Di sana, saya menjalani banyak lap, namun sedikit-sedikit berhenti," ungkap sang delapan kali juara dunia.

"Tapi jika berkendara dalam waktu lama, seperti 30 lap beruntun di Sachsenring, maka performa saya menurun sehari setelahnya. Jadi, kita lihat saja nanti bagaimana cuacanya. Namun, ini bagian dari proses pemulihan, jadi ini semua normal saja, sudah dipastikan oleh dokter," pungkas rider berjuluk The Atomic Ant ini.

Sumber: MotoGP

3 dari 3

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring