FOLLOW US:


Masukan Pedrosa untuk KTM Tumbuhkan Harapan Zarco

15-07-2019 15:15

 | Anindhya Danartikanya

Masukan Pedrosa untuk KTM Tumbuhkan Harapan Zarco
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco © KTM/Boerner T.

Bola.net - Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco, menyatakan masukan-masukan yang diberikan sang test rider, Dani Pedrosa, pada pengembangan RC16 menumbuhkan harapan baginya untuk tampil baik di paruh kedua MotoGP 2019. Hal ini disampaikan Zarco kepada Canal+ seperti yang dikutip Motorsport.com.

Pedrosa telah bergabung dengan KTM sejak memutuskan pensiun dari balapan akhir tahun lalu, dan sejauh ini masukannya dinilai sangat positif. Bersama test rider lainnya, Mika Kallio, Pedrosa pun ditugaskan untuk menjalani uji coba musim panas di Brno, Ceko, pada 9-11 Juli lalu. Hasilnya pun membuat Zarco optimistis.

Setelah uji coba di Brno, Pedrosa akan kembali turun lintasan dalam uji coba Austria di Red Bull Ring pada 22-23 Juli, kali ini tak didampingi oleh Kallio. Zarco pun yakin dua uji coba ini akan bermanfaat baginya, mengingat dua balapan pertama pada paruh kedua musim ini bakal digelar di kedua sirkuit tersebut.

"Saya harap bisa ambil untung dan meraih ritme balap lebih baik berkat uji coba Dani, yang telah berkendara di Ceko. Saya sempat membuntuti Dani di (uji coba) Barcelona, dan gaya balapnya membantu saya. Kita lihat saja nanti bagaimana jalannya pekan balap di Ceko, lalu di Austria, di mana ia juga akan melakukan uji coba," ungkap Zarco.

1 dari 2

Pedrosa Makin Cepat, Zarco Makin Semangat

Pedrosa Makin Cepat, Zarco Makin Semangat
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM/Philip Platzer

Meski catatan waktu Pedrosa dalam semua uji cobanya dengan KTM tak pernah dirilis secara resmi, Zarco menyebut rider Spanyol tersebut mampu beradaptasi dengan baik dan selalu makin cepat sekalinya turun lintasan. Hal ini pun membuatnya yakin ia bakal bangkit dari keterpurukan.

"Dani memberi saya harapan. Ia terus meraih kepercayaan diri, dan ia makin cepat dan cepat dengan motor kami. Jadi saya rasa saya bakal punya peluang untuk memulai dengan pondasi yang lebih baik di Ceko nanti," ujar juara dunia Moto2 2015-2016 ini.

Walau tak hadir dalam uji coba Pedrosa, Zarco tetap tahu program apa saja yang dilakukan Pedrosa, dan tahu perangkat baru apa saja yang akan ia terima dalam setiap pekan balap nantinya.

"Ada beberapa hal yang saya coba di Catalunya dan saya sangat menyukainya. Tapi kami belum bisa memakai semua perangkat ini di beberapa balapan terakhir, terutama joknya, tapi manfaat mereka sudah dipastikan dan akan siap pakai di Brno," tuturnya.

2 dari 2

Pedrosa Bisa 'Investasi' Lebih Besar

Pebalap Prancis berusia 28 tahun ini juga mengaku sama sekali tak meragukan pengalaman Pedrosa, yang sebelumnya turun di MotoGP selama 13 tahun bersama Honda. Gaya balap Pedrosa yang ia nilai sebagai perpaduan antara gaya balapnya dengan sang tandem, Pol Espargaro, juga ia sebut positif untuk RC16.

"Dengan pengalaman yang segudang, mungkin ia lebih paham dari saya dan Pol, dan ini informasi baik untuk KTM. Saya juga masih harus belajar, tapi Dani adalah test rider dan bisa 'berinvestasi' lebih banyak. Saya juga jadi test rider di tiap pekan balap, tapi saya punya beban lebih besar karena ingin tampil lebih baik di setiap balapan, dan hal ini bisa menimbulkan kesalahan," tutupnya.

Menjalani liburan musim panas, saat ini Zarco tengah duduk di peringkat 17 pada klasemen pebalap MotoGP dengan 16 poin, hanya unggul satu poin dari debutan Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira di peringkat 18. Ia juga tertinggal 40 poin dari Espargaro yang ada di peringkat 10.