Maverick Vinales Merapat ke Aprilia, Nasib Andrea Dovizioso Kembali Tak Jelas

Anindhya Danartikanya | 28 Juni 2021 12:03
Maverick Vinales Merapat ke Aprilia, Nasib Andrea Dovizioso Kembali Tak Jelas
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Harapan Andrea Dovizioso untuk kembali balapan secara penuh di MotoGP terancam sirna. Pasalnya, di Assen, Belanda, 25-27 Juni, Maverick Vinales mendadak diisukan merapat ke Aprilia Racing tahun depan, usai kabarnya ingin mengakhiri kontrak dengan Monster Energy Yamaha setahun lebih awal, yakni akhir musim nanti.

Gosip Vinales ini muncul pertama kali lewat reporter DAZN, Ricard Jove, di Twitter pada Sabtu (26/6/2021), dan lalu didukung media Spanyol lainnya. Diario AS bahkan menyebut Vinales telah teken kontrak dengan Aprilia, yang bikin situasi garasi Yamaha pada Minggu (27/6/2021) begitu masam meski Vinales finis kedua dan naik podium.

Gosip ini juga seolah didukung oleh sikap Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, yang menolak bicara dengan awak media, sementara CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, sekadar 'main aman' dan memilih diplomatis dengan mengaku pihaknya hanya tertarik menggaet Vinales jika ia bebas dari kontrak tim mana pun.

1 dari 3 halaman

Sebut Aprilia 'Menuju ke Berbagai Arah'

Sebut Aprilia 'Menuju ke Berbagai Arah'

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

Pada Kamis (24/6/2021), usai Dovizioso menjalani uji coba di Misano, Italia, Rivola juga mengaku bahwa masa depan 'Dovi' akan ditentukan di Assen, dan tak malu-malu menyatakan pihaknya punya 'alternatif lain yang valid dan sangat menarik'. Namun, kala itu banyak pihak mengira bahwa rider yang dimaksud adalah Joe Roberts.

Uniknya, hanya beberapa jam sebelum gosip merapatnya Vinales ke Aprilia dibeberkan oleh Jove di Twitter pada Sabtu, manajer pribadi Dovizioso, Simone Battistella, juga sempat memberikan 'kode' bahwa gosip itu benar. Kepada Corsedimoto, Battistella menyatakan Aprilia memang punya 'beberapa' opsi lain.

"Mereka menjalani beberapa uji coba dan semua hasilnya sangat positif, baik soal perangkat baru maupun soal catatan waktu. Tapi kami tak bicara soal masa depan, karena kami tahu Aprilia sedang bergerak ke berbagai arah. Selain itu, pihak mereka juga bisa berubah arah," ujar pria yang juga manajer Lorenzo Baldassarri ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Dovizioso Kembali Terkatung-katung

Nasib Dovizioso Kembali Terkatung-katung

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Misano 2021. (c) Aprilia Racing

Battistella pun mensinyalir bahwa Aprilia memang sedang mempertimbangkan menggaet seorang rider Moto2, yang diduga adalah Roberts, dan juga bisa jadi menggaet rider MotoGP yang masih terikat kontrak dengan tim lain, yang kini dugaannya mengarah kepada Vinales. Alhasil, nasib Dovizioso pun terkatung-katung lagi.

"Mungkin akan ada beberapa kejutan. Semua kontrak bisa diakhiri. Ada beberapa rider Moto2 yang bisa naik ke MotoGP dan Aprilia adalah motor yang menarik bagi banyak orang. Namun, bisa juga ada kejutan dari rider yang saat ini masih terikat kontrak (dengan tim lain)," ungkap Battistella.

Di lain sisi, pria Italia ini mengaku tak ada ketegangan antara Dovizioso dan Aprilia. "Hubungan kami selalu terbuka, kami selalu mengatakan apa adanya. Aprilia pun harus ambil keputusan-keputusan penting, dan mereka berhak melakukannya. Kami sendiri konstan berkomunikasi dengan satu sama lain," pungkasnya.

Sumber: Corsedimoto

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR