FOLLOW US:


Maverick Vinales Ogah Disebut 'Raja Uji Coba' MotoGP

01-12-2019 21:30

 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales Ogah Disebut 'Raja Uji Coba' MotoGP
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Sejak pindah ke Yamaha pada awal 2017, Maverick Vinales, dapat julukan dari penghuni paddock MotoGP, yakni 'raja uji coba'. Ini karena ia memang dikenal jago mencatatkan waktu terbaik dalam uji coba apa pun, termasuk dalam uji coba pascamusim beberapa pekan lalu.

Dalam uji coba Valencia dan Jerez, Spanyol, Vinales menjajal motor YZR-M1 versi 2020, dan berkuasa di kedua sesi ini. Meski begitu, kepada Speedweek, rider Spanyol ini mengaku tak terlalu suka pada julukannya tersebut, karena ia lebih memilih 'merajai' sesi balap.

Meski begitu, Vinales mengakui kini aa dan tim melakukan perombakan cara kerja dalam uji coba. Kini ia tak lagi menjalani begitu banyak lap demi menjajal modifikasi pada area tertentu, melainkan menjalani lebih sedikit lap, namun melakukan modifikasi kecil di banyak area.

1 dari 2

Paham Apa yang Harus Diperbaiki

"Saya selalu cepat dalam uji coba, tapi saya lebih suka jadi 'raja' di sesi lain. Kami punya mentalitas berbeda dalam uji coba. KIni kami mengurus berbagai area. Saya menjalani lebih sedikit lap, namun ngotot di setiap lapnya. Ini yang terpenting, dan inilah perubahan terbesarnya," ujarnya.

Musim depan pun akan jadi musim keempatnya di Yamaha, dan ia ingin tampil lebih baik dari musim-musim berikutnya. Meski ia merupakan rider Yamaha terbaik saat ini, ia ingin lebih dekat dengan Marc Marquez untuk menantangnya dalam memperebutkan gelar dunia.

"Saya tahu benar apa yang harus perbaiki pada diri saya sendiri, dan apa yang harus saya perbaiki pada motor, untuk setidaknya ikut memperebutkan gelar dunia. Kami bekerja sangat keras untuk mewujudkannya. Kami punya waktu dua bulan," ungkapnya.

2 dari 2

Ingin Perhalus Gaya Balap

Hal utama yang ingin diubah Vinales adalah gaya balapnya. Ia ingin membuat caranya mengendarai M1 lebih lembut dan halus, seperti gaya balap Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo.

"Saya ingin sedikit mengubah gaya balap saya agar lebih halus, dan ini bakal membantu motor lebih cepat. Saya rasa saya bisa beradaptasi dengan cukup baik," pungkas rider berusia 24 tahun ini.

Vinales dan para rider MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, pada 2-4 (shakedown) dan 7-9 Februari 2020 mendatang.