FOLLOW US:


Max Biaggi: Lebih Baik Jorge Lorenzo Tetap di Honda Saja

21-08-2019 11:30

 | Anindhya Danartikanya

Max Biaggi: Lebih Baik Jorge Lorenzo Tetap di Honda Saja
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. © HRC

Bola.net - Eks pebalap MotoGP sekaligus enam kali juara dunia, Max Biaggi, meyakini bahwa sang sahabat, Jorge Lorenzo telah mengambil keputusan tepat dengan memilih bertahan di Repsol Honda musim depan, alih-alih kembali ke Ducati Corse lewat Pramac Racing.

Hal ini disampaikan Biaggi dalam sebuah tulisan panjang di halaman Facebook resminya pada Selasa (20/8/2019), menjelang MotoGP Inggris di Silverstone akhir pekan nanti, di mana Lorenzo dipastikan kembali turun lintasan usai absen empat seri akibat cedera.

"Soal ketertarikan Ducati pada Lorenzo, saya yakin bahwa kembalinya Jorge ke motor yang terbukti sangat kompetitif bakal sangat positif bagi MotoGP dan Ducati, meski lebih baik baginya untuk tetap berada di tempat ia sekarang," ungkap The Roman Emperor.

1 dari 2

Harus Cari 'Jorge Lorenzo' Lain

Harus Cari 'Jorge Lorenzo' Lain
Max Biaggi © Aprilia

Di lain sisi, Biaggi memaklumi keinginan Ducati menggaet Lorenzo lagi, mengingat rider Spanyol itu sangat kompetitif di atas Desmosedici tahun lalu, dan merupakan satu-satunya rider yang pernah mengalahkan Marc Marquez dalam perebutan gelar (2015).

"Kita harus menemukan rider lain yang sekuat Jorge, satu-satunya rider yang bisa meriah gelar dunia di era Marc Marquez! Sudah jelas kesepakatan macam ini bakal sangat sulit dicapai ketika Anda terikat dengan kontrak lain," ungkap Biaggi.

Di lain sisi, dalam tulisan yang sama, empat kali juara dunia GP250 dan dua kali juara WorldSBK ini juga mengomentari keputusan Johann Zarco untuk meninggalkan Red Bull KTM Factory Racing akhir musim nanti, mengakhiri kontraknya yang semestinya baru habis pada 2020.

2 dari 2

Johann Zarco Itu Pemberani!

Meski menyayangkan kepergian sang juara dunia Moto2 2015-2016 tersebut dari KTM, Biaggi yakin tak mudah bagi Zarco untuk mengambil keputusan besar ini. Rival bebuyutan Valentino Rossi ini bahkan menyebut Zarco pemberani karena mau mengakui kesulitannya dan bahkan melepas kontraknya yang bernilai tinggi.

"Johann sudah jelas menceritakan masalah dan alasannya tak mau melanjutkan petualangan ini. Ia bahkan rela tak menerima tawaran bagus untuk musim depan, di mana pasti bakal sulit mencari tim di MotoGP! Tapi ia punya hati besar dan sangat jujur. Kejujuran dalam dunia yang sangat kompetitif ini berarti ia adalah orang yang sangat berani. Chapeux untuk Johann!" pungkasnya.

Biaggi pun diperkirakan akan hadir dalam MotoGP Inggris di Silverstone akhir pekan nanti. Selain hadir sebagai brand ambassador Aprilia Racing, Biaggi juga akan mendampingi tim balapnya di Moto3, Sterilgarda Max Racing Team, yang menaungi Aron Canet.

Sumber: Facebook/Max Biaggi