FOLLOW US:


Miguel Oliveira: Kebangkitan Ini Juga Berkat Kerja Keras KTM

28-08-2020 10:38

 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira: Kebangkitan Ini Juga Berkat Kerja Keras KTM
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira © Facebook/Tech 3 Racing

Bola.net - Kemenangan besar di MotoGP Styria diyakini Miguel Oliveira tak hanya sebagai tanda bahwa KTM semakin kompetitif, melainkan juga sebagai tanda bahwa ia sudah benar-benar bangkit dari keterpurukan, usai mengalami cedera bahu yang cukup parah pada musim lalu. Hal ini ia nyatakan via Motorsport.com, Minggu (23/8/2020).

Tahun lalu adalah musim debut Oliveira di kelas tertinggi. Membela Red Bull KTM Tech 3, ia pun mengalami progres yang sangat baik seiring berjalannya waktu. Namun, ia dapat kendala usai mengalami kecelakaan dengan Johann Zarco di Silverstone, Inggris. Akibat insiden itu, ia mengalami kerusakan tendon pada bahu kanan.

Dengan cedera itu, Oliveira sulit fokus berkendara. Kondisi fisiknya diperparah dengan kecelakaan hebat di Tikungan 1 dalam sesi FP4 MotoGP Australia, akibat cuaca buruk dan angin kencang. Ia pun harus absen dari dua seri terakhir untuk menjalani operasi. Usai proses pemulihan yang panjang, kini Oliveira sudah kembali bugar.

1 dari 3

Bersyukur Dipercaya KTM

Bersyukur Dipercaya KTM
Miguel Oliveira dan Red Bull KTM Tech 3 © Facebook/Tech 3 Racing

Dengan fisik yang lebih baik, Oliveira bisa mempersiapkan diri menjelang musim 2020 dengan lebih baik. Ditambah motor RC16 yang makin garang, ia pun kompetitif sejak awal musim meski kerap didera kesialan. Atas alasan inilah kemenangan di Styria terasa sangat memuaskan.

"Tahun lalu adalah masa belajar bagi saya, apalagi saya dapat cedera bahu. Balapan pada paruh kedua musim dengan cedera itu sangatlah menyakitkan. Mental saya tidak tepat. Jadi bangkit dari momen itu adalah kemajuan besar," ungkap pembalap berusia 25 tahun ini.

"Saya tak melakukannya sendiri, karena ada tim hebat di belakang saya. KTM memberi dukungan yang besar, jadi saya harus berterima kasih kepada mereka karena mereka benar-benar menaruh percaya kepada saya dan terus mendorong saya untuk tetap bekerja keras," lanjutnya.

2 dari 3

Pulang-Pulang Bawa BMW M4

Oliveira pun jadi rider Portugal pertama yang menang di MotoGP, serta jadi rider pertama yang memberi Tech 3 kemenangan di MotoGP, dan bahkan menang di rumah Red Bull dan KTM. Bonusnya, ia membawa pulang hadiah mobil BMW M4 yang dipersembahkan BMW sebagai sponsor utama MotoGP Styria.

"Saya tiba di sirkuit pada Kamis dan berdiskusi dengan tim soal memenangkan mobil itu dan mengamatinya. Nyatanya, saya malah membawanya pulang. Saya juga merupakan rider Portugal pertama yang pernah menang di semua kategori," tutur runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini.

"Meraih kemenangan di rumah KTM membuat saya merasa sangat bangga pada mereka, yang telah bekerja dengan sangat baik. KTM menunjukkan bahwa kami bisa tetap bertarung di papan atas. Kami tak punya alasan untuk cemas di trek-trek berikutnya. Toh kami sudah uji coba di Misano dan semua berjalan dengan baik," tutupnya.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika