FOLLOW US:


Nomor Balap Nicky Hayden Dipensiunkan dari MotoGP

25-01-2019 10:00
Nomor Balap Nicky Hayden Dipensiunkan dari MotoGP
Nicky Hayden © MotoGP

Bola.net - Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden telah meninggalkan kita selama-lamanya sejak pertengahan 2017. Meski begitu, rider Amerika Serikat ini masih lekat di hati para penggemar dan juga para penghuni paddock MotoGP. Berbagai tribut untuknya terus-terusan dilakukan demi mengenang karismanya.

Hayden meninggal dunia dalam usia 35 tahun pada 22 Mei 2017 usai mengalami cedera politrauma pada dada dan kepala hingga mengalami kerusakan otak. Cedera ini ia dapat usai tertabrak mobil saat berlatih sepeda di Rimini, Italia pada 17 Mei 2017. Kala itu, Hayden tengah turun di ajang WorldSBK, usai memutuskan hengkang dari MotoGP pada akhir 2015.

Pada Kamis (24/1), CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, mengumumkan bahwa nomor balap 69 milik Nicky Hayden akan dipensiunkan. Peresmiannya pun akan digelar di seri kandang Hayden, Circuit of The Americas, Austin, Texas pada 12-14 April mendatang. Keluarga dan kerabat Hayden pun diperkirakan akan menghadirinya.

Nomor 69 telah dipakai Hayden sejak anak-anak, dan dipilih karena nomor tersebut juga digunakan sang ayah, Earl Hayden, saat masih aktif balapan dirt track. Menurut The Kentucky Kid, nomor tersebut juga mudah dilihat, karena jika mengalami kecelakaan, 69 akan tetap terbaca meski motornya terbalik. Hayden menjadi rider keenam yang nomor balapnya dipensiunkan dari MotoGP, yakni setelah Kevin Schwantz (34), Daijiro Kato (74), Shoya Tomizawa (48), Loris Capirossi (65) dan Marco Simoncelli (58).