FOLLOW US:


Oliveira Jadi Calon Bintang KTM, Ini Nasihat Marquez

14-05-2019 14:05
Oliveira Jadi Calon Bintang KTM, Ini Nasihat Marquez
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira © KTM

Bola.net - Baru menjalani tiga balapan MotoGP, debutan Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira langsung mendapat perpanjangan kontrak dari KTM. Hal ini pun menarik perhatian rider Repsol Honda sekaligus tujuh kali juara dunia, Marc Marquez.

Oliveira, runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018, segera mampu merepotkan duet Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro dan Johann Zarco. Melihatnya konsisten bertarung di area 10 besar, KTM tak pikir panjang langsung mempertahankannya untuk 2020.

"Hal penting yang saya yakini sebagai keuntungan; saya tak perlu membandingkan motor saya dengan motor lain. Saya tak pernah mengendarai motor selain KTM, jadi buat saya cukup simpel. Saya tinggal adaptasi dengan situasi baru," ujarnya via Motorsport.com.

1 dari 2

RC16 Butuh 'Gaya Marquez'

Proses adaptasi Oliveira ini secara mengejutkan bahkan lebih lancar dibanding Zarco, yang tengah menjalani musim ketiga di MotoGP dan baru pindah dari Monster Yamaha Tech 3. Menurut rider Portugal ini, motor RC16 harus dikendarai dengan gaya agresif khas Marquez.

"Saya yakin cara yang baik dalam mengendarai KTM adalah lebih agresif, karena tak mudah membawa motor ini masuk tikungan. Ada satu cara untuk mengendarai motor kami, yakni dengan cara yang lebih mirip dengan 'Gaya Marquez'," ungkap rider Portugal ini.

2 dari 2

Saran Marquez untuk Oliveira

Saran Marquez untuk Oliveira
Marc Marquez © HRC

Lewat Motorsport Total, Marquez mengaku tak bisa memastikan kebenaran dari opini Oliveira tersebut, mengingat ia belum pernah mengendarai KTM. Meski begitu, rider Spanyol ini punya saran penting untuk Oliveira, yang bisa membela tim pabrikan tahun depan jika Zarco tak segera meraih hasil baik.

"Sulit memberi nasihat pada Miguel, karena saya tak mengenal motor KTM. Tapi saya rasa ia harus coba memahami apa yang dilakukan Pol, karena saat ini dia rider KTM tercepat. Ketika ia sudah di level yang sama dengan Pol, ia pasti bisa menggali performa terbaik dengan KTM," tutur Marquez.

Marquez dan Oliveira akan kembali bertemu di lintasan dalam seri kelima MotoGP yang digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis paa 17-19 Mei mendatang.