FOLLOW US:


Pol Espargaro Hengkang, KTM Kehilangan 'Tulang Punggung'

30-06-2020 13:25

 | Anindhya Danartikanya

Pol Espargaro Hengkang, KTM Kehilangan 'Tulang Punggung'
Pol Espargaro © KTM/Jesus Robledo

Bola.net - Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, mengakui bahwa hengkangnya Pol Espargaro membuat pihaknya seolah kehilangan tulang punggung di MotoGP. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Speedweek, Senin (29/6/2020), saat membicarakan peran besar Espargaro dalam pengembangan RC16.

Meski belum ada pengumuman resmi, Espargaro diisukan merapat ke Repsol Honda pada 2021 mendatang, bertandem rivalnya di Moto2, Marc Marquez. Espargaro menyatakan dirinya butuh tim kompetitif untuk memperlebar peluang juara, mengingat usianya sudah mencapai 29 tahun dan tak lagi muda.

Espargaro bergabung dengan KTM sejak 2017, dan menjajal RC16 untuk pertama kali pada musim dingin 2016 di Valencia dan Jerez, Spanyol, setelah motor tersebut dikembangkan oleh sang test rider, Mika Kallio. Kala itu, KTM masih tertinggal jauh, dan tiga tahun kemudian, berkat Espargaro, justru membuat para rival jadi waswas.

1 dari 3

Telaten Kembangkan Motor

Telaten Kembangkan Motor
Pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro © KTM

"Pol menuntun kami sejak 2017. Saat ia mengambil alih motor dari Mika pada musim dingin kala itu, kami tertinggal 3,5 detik dari rider terdepan. Pol sangat sadar situasi ini. Tapi ia menjalankan tugasnya dengan serius, padahal kami start terbuncit di Qatar. Pada 2019, kami dua kali start dari barisan terdepan," ujar Beirer.

Espargaro pula yang sukses membawa KTM meraih podium pertamanya di MotoGP, yakni usai ia finis ketiga di MotoGP Valencia pada 2018.

"Dalam tiga tahun terakhir, ada banyak momen baik dan buruk, tapi Pol telah memberikan pengaruh besar pada motor kami. Ia membuat RC16 menjadi mesin balap yang membuat kami bisa berharap tinggi dalam memulai musim," ungkap Beirer.

2 dari 3

Makin Semangat Sejak Dani Pedrosa Datang

Beirer juga menilai bahwa Espargaro semakin semangat bekerja sekalinya Dani Pedrosa bergabung sebagai test rider pada akhir 2018. Kedua rider ini bekerja sama dengan baik mengembangkan RC16. Pedrosa memberi masukan, dan Espargaro mengeksekusinya di lintasan. Alhasil, KTM kini jauh lebih kompetitif.

"1,5 tahun lalu, Dani bergabung sebagai test rider, dan membimbing pengembangan menuju arah baru. Pol pun memberi kontribusi besar. Pada prinsipnya, ia tulang punggung proyek kami. Ia selalu ngotot mencapai limit, dan selalu merayakan kesuksesan untuk kami. Atas alasan ini, kami mengharapkan yang terbaik untuknya," tutup Beirer.

Espargaro yang sudah menjalani uji coba tertutup bersama KTM di Misano, Italia, pada 10-11 dan 23-25 Juni lalu, akan kembali turun lintasan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika