FOLLOW US:


Kembali ke MotoGP, Bradley Smith Resmi Tinggalkan MotoE

30-06-2020 09:20
Kembali ke MotoGP, Bradley Smith Resmi Tinggalkan MotoE
Pebalap One Energy Racing, Bradley Smith © One Energy Racing

Bola.net - Bradley Smith resmi mengonfirmasi dirinya hengkang dari MotoE demi kembali ke MotoGP tahun ini, mengingat ia diminta Aprilia Racing untuk sementara menggantikan Andrea Iannone yang tersandung kasus dugaan pemakaian doping. Hal ini ia sampaikan lewat Instagram pada Senin (29/6/2020).

Smith menyatakan hal ini usai timnya di MotoE, WithU Motorsport, merilis pengumuman resmi soal digaetnya Jakub Kornfeil sebagai pebalap baru mereka. Kornfeil, yang berusia 27 tahun, telah mengumumkan pensiun pada akhir musim lalu, namun akhirnya sepakat untuk menggantikan Smith.

Pebalap asal Ceko itu sejatinya bukan wajah asing bagi lingkup WithU Motorsport, yakni tim yang juga dinaungi manajemen Petronas Yamaha SRT dan Petronas Sprinta Racing. Kornfeil pernah membela SRT di Moto3 pada 2015 dan 2016, saat tim itu masih bernama SIC Racing Team.

1 dari 3

Merasa Terhormat Membela WithU Motorsport

Smith, yang aktif turun di MotoGP pada 2013-2018, menjadi test rider Aprilia Racing sejak awal 2019. Sembari membantu mengembangkan RS-GP, ia turun di MotoE bersama WithU Motorsport yang tahun lalu bernama One Energy Racing. Ia mengakhiri musim sebagai runner up, namun kasus Iannone membuatnya harus kembali berkompetisi MotoGP.

"Merupakan sebuah kehormatan bisa terlibat di MotoE pada musim perdananya, bahkan terasa lebih menyenangkan melakukannya bersama tim yang hebat seperti @withumotoeteam. Terima kasih karena telah memperbolehkan saya mengambil kesempatan ini di MotoGP, dan saya mengharapkan @jakubkornfeil84 yang terbaik," tulis Smith.

2 dari 3

Kesempatan yang Baik untuk Bradley Smith

Lewat MotoGP.com, Team Principal WitU Motorsport, Matteo Ballarin, juga mengaku sedih Smith harus pergi, namun juga memilih bersikap legawa. Menurut Ballarin, kesempatan balapan di MotoGP memang tak bisa diabaikan begitu saja.

"Soal Bradley Smith, pada satu sisi saya sedih, karena saya ingin ia kembali memperebutkan hasil baik di MotoE. Tapi di lain sisi saya sangat bahagia untuknya. Ia dapat kesempatan baik di MotoGP, dan saya harap ia bisa meraih hasil baik, dan kami akan merayakannya bersama," ujar Ballarin.

Smith yang sudah menjalani uji coba tertutup bersama Aprilia pada 10-11 dan 23-25 Juni lalu, akan kembali turun lintasan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP