FOLLOW US:


Puas Meski Gagal Podium di Assen, Miguel Oliveira Puji Kinerja Dani Pedrosa

29-06-2021 11:22

 | Anindhya Danartikanya

Puas Meski Gagal Podium di Assen, Miguel Oliveira Puji Kinerja Dani Pedrosa
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira © AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, tak merasa kelewat kecewa dirinya gagal meneruskan tren podium dan 'hanya' finis kelima di MotoGP Assen, Belanda, Minggu (27/6/2021). Kepada Crash.net, Oliveira yakin hasil itu merupakan terjemahan dari usaha optimal dirinya dan tim usai pekan balap yang berat.

Usai finis kedua di Mugello dan Sachsenring, serta menang di Catalunya, Oliveira jadi favorit podium di Assen. Namun, ia sulit tampil konsisten di seluruh sesi latihan, dan hanya duduk di posisi keenam dalam sesi kualifikasi. Melihat tantangan ini, rider Portugal tersebut pun tak mematok target muluk saat menjalani balapan.

Start Oliveira sendiri kurang lancar, ia melorot ke posisi sembilan pada lap pembuka. Terbantu Alex Rins yang terjatuh, Oliveira akhirnya berhasil memperbaiki posisi secara perlahan, hingga akhirnya mencapai posisi kelima pada Lap 15. Usai pekan balap yang berat, pembalap berusia 26 tahun ini yakin hasil tersebut cukup positif.

1 dari 3

Yakin Usaha Baik Selalu Terbayar

"Ini balapan yang cukup baik. Hasil yang solid usai kesulitan yang kami hadapi di sesi latihan dan kualifikasi. Saya yakin kami tak bisa membidik posisi lebih baik. Jadi, jujur saja, saya puas atas hasil balap ini. Kami sudah mengerahkan segalanya di trek dan hal ini akhirnya dibuktikan lewat hasil yang kami raih," ujar Oliveira.

Meski gagal naik podium, runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini pun masih sangat diperhitungkan sebagai kandidat juara dunia. Dengan sepuluh seri tersisa musim ini, Oliveira tengah duduk di peringkat ketujuh pada klasemen pembalap dengan 85 poin. Ia pun bertekad lebih kuat pada paruh kedua musim nanti.

"Usaha baik selalu terbayar dan itulah yang kami alami hari ini. Lima besar. Kami paham apa yang harus kami lakukan untuk musim depan demi memperbaiki motor, meningkatkan sensasi baik, dan menyambut paruh kedua musim dengan semangat dan hasil yang baik," ungkap rider yang juga mahasiswa kedokteran gigi ini.

2 dari 3

Tak Lepas dari Jasa Dani Pedrosa

Lewat GPOne, Oliveira juga mengaku senang KTM kembali menemukan arah yang tepat usai terpuruk pada awal musim. Titik balik mereka ini memang terjadi di Mugello, usai mendatangkan sasis baru untuk Oliveira dan Brad Binder, dan kini sudah mulai dipakai oleh duet Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci dan Iker Lecuona.

Oliveira pun yakin ini semua tak lepas dari kerja keras tim uji coba dan tim pengembangan KTM di Austria, disertai kinerja apik sang test rider utama, Dani Pedrosa, yang selama tiga tahun terakhir ini mengambil alih jabatan Mika Kallio. Oliveira juga menyebut kini komunikasi antara tim balap dan tim uji coba lebih lancar.

"Perubahan yang paling saya rasakan jelas adalah tim uji coba baru kami. Kami punya rider seperti Dani yang kondisinya sangat baik dan bekerja dengan fantastis. Kami juga memperbaiki komunikasi. KTM tak pernah berhenti menggelar uji coba, selalu coba memperbaiki motor. Ada banyak hal yang berubah dan atmosfer tim kami sangat positif," tutupnya.

Sumber: Crashnet, GPOne

3 dari 3

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021