FOLLOW US:


Senang Petrucci Tetap di Ducati, Dovizioso Bantah Ada Ketegangan

05-07-2019 13:25

 | Anindhya Danartikanya

Senang Petrucci Tetap di Ducati, Dovizioso Bantah Ada Ketegangan
Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci © Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, mengaku senang bisa meneruskan kerja sama dengan tandem sekaligus sahabatnya sendiri, Danilo Petrucci di MotoGP musim depan. Lewat GPOne, ia juga membantah ada ketegangan yang terjadi di antara mereka usai balapan di Assen, Belanda, akhir pekan lalu.

Petrucci, yang bersama Jack Miller memperebutkan kontrak tim pabrikan Ducati 2020, akhirnya memenangkan persaingan internal ini. Rider 28 tahun tersebut mendapat perpanjangan kontrak usai meraih tiga podium termasuk satu kemenangan, sementara Miller nyaris dipastikan bertahan di Pramac Racing.

Terlepas dari hasil balapnya musim ini, Dovizioso yakin Petrucci memang layak mendapat perpanjangan kontrak dari Ducati. Menurutnya Petrux mampu menunjukkan kemauannya untuk memperbaiki diri, serta membuktikan profesionalismenya dalam membantu Ducati dan Dovizioso meraih hasil sebaik mungkin.

"Saya senang, tapi tak kaget. Danilo telah melakukan apa yang harus ia lakukan, yakni dapat kemajuan manajemen balap. Ini alasan ia dapat banyak poin. Saya senang kami bisa melanjutkan kolaborasi. Penting baginya bertahan di Ducati, dan ia rider yang paling layak mendapatkannya. Ia telah mengejutkan banyak orang. " ujarnya.

1 dari 2

Bantah Cekcok di Assen

Dovizioso juga membantah keduanya mengalami ketegangan di Assen, di mana ia dan Petrucci finis di posisi 4 dan 6. Usai balap, Petrucci mengaku frustrasi tak bisa menyalip Dovizioso demi membantunya meraih poin maksimal. Nyatanya, keputusan melindungi Dovizioso justru membuat Petrucci tersalip Franco Morbidelli di tikungan terakhir.

"Tak pernah ada ketegangan di antara kami. Ia tertekan di Assen karena memang situasinya menegangkan dan kami jelas tak bisa puas atas hasil kami di sana. Rasa frustrasinya tak ditujukan kepada saya," ungkap Dovizioso, yang merupakan runner up MotoGP 2017 dan 2018.

2 dari 2

Tegaskan Takkan Ada Team Order

Dovizioso juga menegaskan ia dan Petrucci akan melanjutkan cara kerja mereka yang terbukti ampuh sejak musim dingin lalu, yakni berlatih bersama di Forli, Italia, dan bekerja sama mendiskusikan data dan strategi dalam pekan balap MotoGP. Ia juga menyatakan takkan ada team order dari Ducati.

"Kami akan berlaku seperti biasanya. Kami akan bekerja sama di rumah dan pekan balap, karena ini metode yang produktif. Dalam balapan, satu-satunya aturan hanyalah tak memperebutkan hal yang bikin buang-buang waktu. Rider yang lebih kuat boleh melaju di depan, tak ada team order. Inilah cara cerdas yang bisa membuat kami membawa pulang hasil baik," tutupnya.

Menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring akhir pekan ini, Dovizioso duduk di peringkat kedua pada klasemen pebalap dengan 116 poin, tertinggal 44 poin dari Marc Marquez di puncak, dan hanya unggul 8 poin dari Petrucci di peringkat ketiga.