FOLLOW US:


Suzuki Minta Alex Rins Jadi 'Kapten' Tim di MotoGP 2019

03-03-2019 11:35
Suzuki Minta Alex Rins Jadi 'Kapten' Tim di MotoGP 2019
Joan Mir dan Alex Rins © Suzuki

Bola.net - Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio mengaku sangat terkesan atas perkembangan pebalapnya, Alex Rins selama setahun belakangan, yang diikuti performa menjanjikan selama uji coba pramusim MotoGP Malaysia dan Qatar baru-baru ini. Hal ini disampaikan Brivio dalam wawancaranya bersama GPOne.

Bersama Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Rins memang disebut sebagai ancaman paling mencemaskan di MotoGP tahun ini. Pasalnya, keduanya terus bergantian mencatat waktu terbaik selama uji coba, dan memiliki ritme balap paling konsisten. Atas alasan ini, Brivio menunjuk Rins sebagai 'kapten tim' untuk membawa Suzuki ke puncak.

"Persiapan kami sangat baik. Kami telah melengkapi program dan saya terkejut atas kecepatan kami, dan saya lihat Alex telah berkembang dan lebih dewasa. Saya katakan pada Alex, bahwa ia harus jadi kapten kami, dan ia melakukan apa yang kami minta dengan cara terbaik. Sejak tahun lalu, ia bekerja sangat baik, dan kini ia sudah punya pengalaman lebih dan ini menjanjikan," ujarnya.

1 dari 2

Sarankan Mir 'Main-Main' Dulu

Setelah menunjuk Rins sebagai 'kapten tim', Brivio pun menjelaskan peran macam apa yang harus dijalani oleh rider barunya yang berstatus debutan, Joan Mir. Pria asal Italia ini pun menyatakan Mir takkan diberi beban untuk menjadi ujung tombak pengembangan GSX-RR, melainkan difokuskan beradaptasi dengan kategori baru.

"Saya harap keduanya segera sama-sama jadi kapten!" ujarnya sembari tertawa. "Saya minta Joan untuk bersenang-senang dan bermain-main dengan motor kami selama setahun. Kami yakin ia punya talenta hebat dan ia bisa menjadi rider top di MotoGP. Ini hanya soal waktu."

2 dari 2

Ingin Mir Susul Vinales-Rins

Meski begitu, Brivio tak memungkiri bahwa pihaknya ingin Mir mampu meraih prestasi yang gemilang pada 2020, seperti Vinales yang sukses membawa Suzuki meraih kemenangan pada 2016 dan Rins yang mengoleksi lima podium tahun lalu.

"Maverick meraih kemenangan pada tahun keduanya, sementara Alex naik podium lima kali usai melewatkan setengah musim pada 2017 akibat cedera. Entah seberapa lama waktu yang butuhkan Joan untuk tampil kompetitif, tapi kami menaruh rasa percaya pada caranya mengembangkan diri," pungkas Brivio.