FOLLOW US:


Tinggalkan Moto2, Lorenzo Baldassarri Pindah ke WorldSSP Bareng Evan Bros Yamaha

12-01-2022 11:40

 | Anindhya Danartikanya

Tinggalkan Moto2, Lorenzo Baldassarri Pindah ke WorldSSP Bareng Evan Bros Yamaha
Lorenzo Baldassarri (tengah) bersama para petinggi Evan Bros WorldSSP Team © WorldSBK.com

Bola.net - Usai delapan musim berlaga di Moto2, Lorenzo Baldassarri akhirnya memutuskan meninggalkan paddock MotoGP dan pindah ke paddock WorldSBK. Pada Selasa (11/1/2022), ia resmi diumumkan bakal berlaga di kelas WorldSSP 2022 bersama Evan Bros Racing Team dan Yamaha.

Baldassarri mengawali karier di ajang balap motor internasional dengan gebrakan. Ia langsung menjuarai Red Bull Rookies Cup pada tahun pertamanya, yakni pada 2011. Pada 2012, ia bertahan di Rookies Cup, sekaligus turun di CEV Buckler Moto3, dan mengakhiri musim di peringkat 8 pada kedua kejuaraan.

Pada 2013, ia menjalani debut Grand Prix bersama Honda Gresini di Moto3 dan bergabung ke VR46 Riders Academy. Namun, tubuh yang tinggi besar memaksanya naik ke Moto2 lebih awal, yakni pada 2014, bersama tim yang sama dan mengendarai Suter. Paceklik podium, ia pun pindah ke Forward Racing dan mengendarai Kalex.

1 dari 3

Menurun Sejak Hengkang dari VR46 Riders Academy

Menurun Sejak Hengkang dari VR46 Riders Academy
Lorenzo Baldassarri saat masih turun di Moto2 2020. © Pons Racing

Baldassarri pun bertahan di Forward Racing selama tiga musim, meraih tiga podium termasuk satu kemenangan. Namun, ia baru bersinar usai pindah ke Pons HP40 pada 2018. Ia juga membela tim tersebut selama tiga musim, total mengoleksi 2 pole, 9 podium, dan 4 kemenangan. Hasil ini bahkan sempat membuatnya digosipkan bakal naik ke MotoGP.

Pada akhir 2019, 'Balda' memutuskan keluar dari VR46 Riders Academy dan prestasinya justru menurun. Ia hanya mampu sekali naik podium pada 2020, membuatnya tak lagi panas dikabarkan naik ke MotoGP. Ia juga kembali ke Forward Racing, mengendarai sasis MV Agusta, pada 2021, tapi lagi-lagi paceklik podium. Hal ini membuatnya tak lagi dapat tempat di Moto2 2022.

Rider berusia 25 tahun ini pun sempat menjalani uji coba dengan motor WorldSSP milik MV Agusta pada November 2021. Namun, kesepakatan gagal dicapai. Ia pun akhirnya sepakat bergabung dengan Evan Bros Racing Team. Ia akan jadi pengganti runner up 2021, Steven Odendaal. Sebagai catatan, Evan Bros sukses merebut gelar 2020 lewat Andrea Locatelli.

2 dari 3

Pernyataan Resmi Lorenzo Baldassarri

"Saya tak sabar menghadapi tantangan baru di World Supersport Championship dengan Evan Bros. WorldSSP Yamaha Team dan Yamaha. Saya sangat senang dan termotivasi, jadi saya akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar siap menghadapi awal musim, yang dijadwalkan pada 10 April.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung saya dan tim saya, yang percaya pada saya, dan yang memberi saya kesempatan ini. Saya yakin saya telah bergabung dengan proyek yang sangat solid bersama orang-orang yang profesional.

"Target-target utama saya adalah selalu memberikan yang terbaik, beradaptasi pada kategori ini sesegera mungkin, dan langsung memulai musim dengan memperebutkan posisi-posisi penting. Saya tak sabar mengendarai motor kami dalam uji coba dan saya menanti dimulainya musim ini."

3 dari 3

Kalender balap WorldSBK, WorldSSP, dan WorldSSP300 2022

  1. 10 April: Spanyol - MotorLand Aragon
  2. 24 April: Belanda - Assen
  3. 22 Mei: Estoril - Estoril
  4. 12 Juni: Emilia Romagna - Misano
  5. 17 Juli: Inggris - Donington Park*
  6. 31 Juli: Ceko - Autodrom Most
  7. 11 September: Prancis - Magny-Cours
  8. 25 September: Catalunya - Barcelona-Catalunya
  9. 9 Oktober: Portugal - Portimao
  10. 23 Oktober: Argentina - San Juan Villicum*
  11. 13 November: Indonesia - Mandalika*
  12. Tanggal belum ditentukan: Australia - Phillip Island*
  13. Tanggal dan sirkuit belum ditentukan

*) hanya WorldSBK dan WorldSSP

Sumber: WorldSBK