FOLLOW US:


Jadi Rajin Nonton Reli Dakar, Johann Zarco Cemaskan Keselamatan Danilo Petrucci

11-01-2022 14:10

 | Anindhya Danartikanya

Jadi Rajin Nonton Reli Dakar, Johann Zarco Cemaskan Keselamatan Danilo Petrucci
Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco © AP Photo

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco, mengaku sangat bersemangat memberikan dukungan kepada eks rivalnya di MotoGP, Danilo Petrucci, yang menjalani debutnya di Reli Dakar 2022 Arab Saudi. Namun, kepada Moto.it, Jumat (7/1/2022), Zarco mengaku dirinya juga mencemaskan keselamatan 'Petrux'.

Petrucci memang digaet KTM untuk diturunkan di Reli Dakar 2022 bersama Tech 3 KTM Factory Racing meski tak punya banyak pengalaman di arena rally raid. Tadinya, partisipasinya ini hanya ditujukan untuk meningkatkan pemasaran KTM di Italia. Nyatanya, hasil yang mereka dapatkan justru jauh lebih dari itu.

Petrucci, yang lama turun di road race, hanya bersiap selama tiga bulan jelang Dakar. Ia juga sedang cedera engkel dan tumit kanan. Tapi ia justru tampil menggebrak. Ia kerap memperebutkan podium, dan bahkan memenangi Stage 5. Ia juga tercatat sebagai eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi sebuah stage Reli Dakar.

1 dari 2

Yakin KTM Beri Bantuan Besar pada Danilo Petrucci

Yakin KTM Beri Bantuan Besar pada Danilo Petrucci
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci © KTM Images

Zarco sendiri diketahui rajin menulis komentar penyemangat di Instagram Petrucci. "Saya mengikuti aksi Danilo dengan serius, karena saya tertarik, dan bahkan agak cemas soal petualangannya di Dakar. Saya senang melihat video-videonya. Saya juga mengikuti unggahan-unggahannya di media sosial," tuturnya.

Rider Prancis ini pun mengakui mencemaskan keselamatan rider Italia tersebut. Pasalnya, Petrucci mengaku terkadang rasa sakit pada kakinya kambuh saat berkendara. Apalagi Reli Dakar juga dikenal sangat berbahaya, dan medan yang ekstrem beberapa kali merenggut nyawa beberapa peserta di kategori motor.

Namun, Zarco yakin KTM telah memberikan dukungan penuh demi membantu Petrucci tampil apik. "Danilo tengah melakukan hal-hal hebat. Saat ini, ia tak terlalu kesakitan, dan tampaknya Dakar tak terlalu berbahaya seperti yang saya bayangkan. Jelas, struktur yang ada di belakangnya membantunya siap secara teknis," ujarnya.

2 dari 2

Kemampuan Rider-Rider MotoGP Memang Kerap Ditempa

Kemampuan Rider-Rider MotoGP Memang Kerap Ditempa
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci © KTM Images

Di lain sisi, Zarco juga tak heran melihat Petrucci langsung tampil kompetitif. Pasalnya, para rider MotoGP juga secara tak langsung ditempa agar mampu beradaptasi dengan segala kondisi ketika berada di lintasan. Apalagi kebanyakan dari mereka juga kerap berlatih motocross dan flat track di luar arena MotoGP.

Petrucci sendiri dikenal sebagai rider motocross yang andal di antara para pembalap MotoGP. "Jika Anda merupakan rider MotoGP, Anda pasti siap beradaptasi dengan segala situasi, karena persaingan di MotoGP sangat menakjubkan, jadi Anda belajar kemampuan unik dalam berkonsentrasi," tutur Zarco.

"Memahami kisah-kisah soal Dakar, saya agak cemas, karena tanpa pengalaman, balapan itu bisa berbahaya. Namun, saat ini semuanya terkendali. Hai, Danilo, aku mengamatimu dengan ketertarikan tinggi. Sungguh menakjubkan melihatmu meraih kemenangan," pungkas juara dunia Moto2 2015 dan 2016 ini.

Sumber: Motoit