Usai Reli Dakar, Danilo Petrucci: Kini Saya Bisa Pensiun dari MotoGP dengan Damai

Anindhya Danartikanya | 21 Januari 2022 14:35
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Bola.net - Danilo Petrucci mengaku kini dirinya bisa pensiun dari MotoGP dengan pikiran yang damai usai merebut kemenangan pada Stage 5 Reli Dakar 2022 pada 6 Januari lalu. Hal ini ia sampaikan kepada Sky Sport, Selasa (18/1/2022), usai menjalani kompetisi selama dua pekan di Arab Saudi dan pulang ke Terni, Italia.

Tak lagi dapat tempat di MotoGP, Petrucci bertahan di lingkup KTM. Pabrikan Austria itu malah memberi 'Petrux' kesempatan mewujudkan cita-cita masa kecilnya, yakni turun di Dakar. Ia berlaga dalam naungan Tech 3 KTM Factory Racing, masih satu tim dengan tiga juara Dakar dari Red Bull KTM Factory Racing.

Petrucci secara tak terduga langsung tampil menggebrak. Ia konsisten memperebutkan podium, terutama pada pekan pertama, bahkan memenangi Stage 5. Alhasil, ia banjir pujian, tak hanya dari para penghuni paddock MotoGP, melainkan juga dari para juara dan legenda Dakar yang kali ini juga berpartisipasi.

1 dari 2 halaman

Pengalaman Terkuat dalam Hidup

Petrucci pun mengakui, sejak awal dirinya sudah paham bahwa tantangan turun di ajang motorsport paling berbahaya itu memang sulit. "Saya tahu Reli Dakar bakal sulit, namun saya tak terlalu memikirkannya. Itu adalah salah satu pengalaman terkuat dalam hidup saya," ungkap rider berusia 31 tahun ini.

"Memorinya terlalu kuat sampai saya kesulitan jika diminta menyimpulkannya dalam sedikit kata. Tak pernah sebelumnya saya harus bangun tiap pukul tiga pagi selama dua pekan beruntun, lalu naik motor pada pukul empat pagi, ketika langit masih gelap, dan kembali (ke bivuoac) 12 jam kemudian," lanjutnya.

Petrucci menjalani debut Dakar dengan cedera tumit dan engkel, dan sempat positif Covid-19 sebelum tes darahnya membuktikan hasil negatif. Beberapa hari menjelang finis, ia juga mengalami beberapa kecelakaan hebat, lalu dirundung cedera kulit sobek di siku kiri, keretakan pergelangan tangan kiri, dan dislokasi bahu kiri.

2 dari 2 halaman

Kaget Banyak yang Minta Instagram Live Selama di Dakar

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Tak hanya itu, Petrucci juga dua kali mendapati mesinnya mati gara-gara masalah elektronik, yakni di Stage 2 yang membuatnya terdepak dari klasifikasi umum, serta di Stage 9 ketika mesinnya mati tiga kali. Namun, ia meraih rekor penting, yakni menjadi eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi stage Dakar.

"Semua hal terjadi pada saya: cedera engkel, nyaris positif Covid-19, mesin motor mati... tapi saya juga menang, dan itu hal yang tak saya duga. Ini kepuasan terbesar yang bikin saya jadi unik. Saya mencetak rekor pertama dalam hidup saya, dan saya sangat senang. Kini saya bisa pensiun dengan pikiran yang damai," tuturnya.

Di lain sisi, Petrucci kaget atas antusiasme orang pada kegiatannya di Dakar. Tiap kali menggelar Instagram Live, sekitar 2.000 orang menontonnya. Sebagai perbandingan, upacara penyerahan trofi podium Reli Dakar 2022 pada akhir gelaran hanya ditonton sekitar 200 orang. Hal ini pun bikin Petrucci terheran-heran.

"Hal yang paling bikin saya kaget adalah orang-orang meminta saya melakukan Instagram Live! Saya tak mengira seluruh dunia bakal mengikuti Dakar. Mereka menulis komentar, beberapa rider bahkan menelepon saya setiap hari. Ini sungguh keren!" pungkas rider yang juga digosipkan bakal ke MotoAmerica ini.

Sumber: Sky Sport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR