FOLLOW US:


Valentino Rossi: Cuaca Cerah Silverstone Kunci Sukses Yamaha

22-08-2019 09:10

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi: Cuaca Cerah Silverstone Kunci Sukses Yamaha
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Usai seluruh balapan tahun lalu dibatalkan akibat cuaca dan kondisi aspal yang buruk, MotoGP Inggris akhir pekan ini pun diharapkan Valentino Rossi berjalan jauh lebih baik. Dengan trek yang sudah diaspal ulang, rider Monster Energy Yamaha ini pun menginginkan cuaca yang lebih cerah di Sirkuit Silverstone.

Tahun lalu, para rider meyakini hujan yang turun tak terlalu lebat, namun kualitas aspal yang buruk dan tak bisa menyerap air membuat kondisi trek sangat berbahaya. Atas alasan ini, balapan MotoGP, Moto2, dan Moto3 pun dibatalkan. Dalam rilis resmi tim, Rossi pun berharap akhir pekan ini berjalan dalam situasi yang sebaliknya.

"Saya cinta Silverstone, masuk lima besar daftar trek favorit saya. Saya sangat menyukainya, karena karakternya 'jadul'. Treknya sangat panjang, satu lap terasa seperti perjalanan ke tempat lain, dan lintasannya sangat teknis, punya berbagai jenis sektor. Jika Anda cepat, sungguh menyenangkan berkendara di sana," ujarnya.

1 dari 2

Silverstone Bahaya Jika Diguyur Hujan

Rossi pun mengaku punya memori menyenangkan di trek ini, yakni saat ia meraih kemenangan pada tahun 2015 lalu, mengalahkan Danilo Petrucci (Pramac Racing) dan Andrea Dovizioso (Ducati Team). Meski begitu, soal mengulang prestasi serupa, The Doctor yakin bahwa cuaca cerah bisa jadi kunci suksesnya.

"Saya punya kenangan yang manis di trek ini, tapi semua tergantung cuacanya. Berkendara di Silverstone dengan cuaca buruk sangatlah menakutkan, karena Anda melaju cepat. Jadi saya mengharapkan cuaca yang sama dengan yang kami hadapi pada 2017, saat kami menjalani pekan balap yang baik," ungkapnya.

2 dari 2

Trek di Mana Yamaha Biasa Cepat

Yamaha pun diketahui menjadi pabrikan tersukses di Silverstone sejak trek ini kembali menggelar MotoGP pada 2010 lalu. Pabrikan Garpu Tala mengoleksi empat kemenangan, yakni tiga lewat Jorge Lorenzo, dan satu lewat Rossi. Rossi pun tak memungkiri bahwa karakter Silverstone memang sangat mendukung karakter YZR-M1.

"Agar cepat di sana, Anda harus nyaman dan stabil. Bahkan di tikungan hairpin, Anda harus tahu titik cepatnya. Trek ini juga punya banyak tikungan panjang, jadi ini trek di mana Yamaha biasanya cepat. Kami berharap cuacanya cerah, karena tahun lalu adalah mimpi buruk. Jadi kami ingin kali ini jadi pekan balap yang baik," tutupnya.

Saat ini, Rossi tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 103 poin, hanya unggul satu poin dari sang tandem, Maverick Vinales, yang duduk di peringkat keenam.

Sumber: Monster Energy Yamaha