Valentino Rossi: Selain Simoncelli, Morbidelli Juga Inspirasi Pembentukan VR46 Academy

Anindhya Danartikanya | 20 Januari 2022 15:00
Valentino Rossi dan Franco Morbidelli saat bertandem di MotoGP 2021. (c) Petronas SRT

Bola.net - Sembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi, berkali-kali menyebut mendiang Marco Simoncelli merupakan inspirasinya dalam membentuk VR46 Riders Academy. Namun, dalam wawancaranya di kanal YouTube Graham Bensinger, Rabu (19/1/2022), ia menyebut Franco Morbidelli juga punya peranan penting.

Simoncelli diketahui sebagai partner Rossi dalam berlatih motor dan latihan fisik di gym sejak lama. Usai SuperSic meninggal dunia akibat kecelakaan hebat di MotoGP Malaysia 2011, Rossi pun kerap kesepian saat berlatih. The Doctor mengakui itu momen-momen yang berat, apalagi ia terlibat dalam insiden tersebut.

"Awalnya saya hanya ingin membantu Marco (lewat sesi latihan bareng). Saya rasa dialah rider pertama akademi ini, karena ia latihan dengan saya dan kami merupakan rival. Tapi kemudian kecelakaan pada 2011 terjadi. Tak terasa sudah 10 tahun, namun bagi saya rasanya baru tiga tahun lalu peristiwa itu terjadi," kisah Rossi.

1 dari 2 halaman

Bantu Franco Morbidelli yang 'Tersesat'

Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP

Rossi pun baru mantap membentuk VR46 Riders Academy pada pertengahan 2013, ketika ia tergugah memberi bantuan kepada Morbidelli, yang saat itu kehilangan sosok pembimbing usai sang ayah, Livio Morbidelli, meninggal dunia karena bunuh diri. Saat itulah Rossi mulai serius mengembangkan talenta rider muda Italia.

"Pada periode yang sama, Franco mengalami masalah karena ayahnya meninggal dunia. Jadi, ia agak tersesat. Kami berkata, 'mengapa kita tak coba mulai membantu Franco?' Kami pun membantunya, dan begitulah kelahiran akademi ini," ungkap Rossi soal Morbidelli, yang jadi juara dunia Moto2 2017 dan runner up MotoGP 2020.

Terhitung sampai sekarang, Rossi punya sembilan murid 'resmi' di VR46, yakni Morbidelli, Pecco Bagnaia, Luca Marini, Marco Bezzecchi, Andrea Migno, Celestino Vietti, Niccolo Antonelli, Alberto Surra, dan Stefano Manzi. Daftar ini tentu belum termasuk anggota 'tak resmi' seperti Elia Bartolini, Matteo Bertelle, dan Federico Fuligni.

2 dari 2 halaman

Bidik Gelar Dunia MotoGP Pertama VR46

Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia (c) AP Photo

Tahun ini, bahkan empat anak didik Rossi turun di MotoGP. Ia mengaku hal ini dulu tak pernah ada dalam bayangannya. "Saya tak pernah berpikir mungkin suatu saat nanti Franco bakal ke MotoGP. Kala itu, saya tak memikirkan masa depan. Saya hanya ingin membantu Franco dan adik saya, Luca. Awalnya, ini semua hanya untuk senang-senang," ujarnya.

"Namun, ternyata kami dapat hasil baik. Tahun depan, kami bahkan punya empat rider di MotoGP! Target saya dengan akademi ini adalah mencoba merebut gelar dunia di MotoGP bersama salah satu pembalap. Tahun ini, kami juga punya dengan tim balap. Namun, saya yakin masa-masa awal takkan mudah," pungkas Rossi.

Daftar anggota 'resmi' dan 'tak resmi' VR46 Riders Academy:

  1. Franco Morbidelli (MotoGP)
  2. Pecco Bagnaia (MotoGP)
  3. Luca Marini (MotoGP)
  4. Marco Bezzecchi (MotoGP)
  5. Celestino Vietti (Moto2)
  6. Niccolo Antonelli (Moto2)
  7. Andrea Migno (Moto3)
  8. Alberto Surra (Moto3)
  9. Stefano Manzi (WorldSSP)
  10. Elia Bartolini (Moto3)
  11. Matteo Bertelle (Moto3)
  12. Federico Fuligni (WorldSSP)

Sumber: YouTube/Graham Bensinger

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR