4 Calon Pemain Kunci Timnas Senegal di Piala Dunia 2022

Asad Arifin | 21 Juli 2022 16:11
Skuad Senegal merayakan gol dalam laga Piala Afrika 2021 melawan Guinea Equatorial, Senin (31/1/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Senegal melakoni pertandingan berat kala melawan Mesir pada 20 Maret 2022 di fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika. Laga dilanjutkan melalui adu penalti setelah selama 120 menit laga berakhir dengan skor 1-0 untuk Senegal. Sebelumnya di leg pertama, Mesir berhasil menang dengan skor yang sama.

Senegal berhasil keluar sebagai pemenang setelah unggul 3-1 dalam adu penalti. Hasil ini membawa Senegal meraih satu tiket di Putaran Final Piala Dunia 2022 Qatar. Lolosnya Senegal juga sekaligus memastikan Mohamed Salah dan Mesir harus absen pada kompetisi empat tahunan ini.

Sebelum melawan Mesir, Sadio Mane dkk berhasil menjuarai Grup H dalam fase kedua Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika dengan 16 poin hasil dari enam pertandingan. Bintang mereka, Sadio Mane menjadi pencetak gol terbanyak Senegal dengan koleksi tiga gol.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Senegal hanya pernah satu kali lolos Putaran Final Piala Dunia pada tahun 2002 di Qatar. Saat itu Senegal bahkan berhasil masuk babak Perempat Final.

Tahun ini menjadi kebangkitan Senegal setelah 20 tahun absen. Mereka datang ke Qatar dengan membawakan generasi terbaiknya. Berikut beberapa pemain kunci Senegal pada Piala Dunia 2022.

1 dari 4 halaman

Edouard Mendy

Aksi Edouard Mendy pada laga melawan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2021 (c) AP Photo

Mendy adalah kiper tangguh milik Senegal yang bermain regular selama Kualifikasi Piala Dunia. Mendy mengawali debutnya dengan Senegal pada usia 26 tahun dan telah mengoleksi 24 pertandingan bersama Senegal.

Statistik Mendy kala menjadi tembok terakhir Senegal cukup apik. Mencatatkan 14 nirbobol dan 10 kebobolan dari 24 pertandingan bukanlah prestasi yang buruk.

Mendy juga bermain di klub raksasa liga Inggris, Chelsea. Bersama The Blues ia mencatatkan 48 nirbobol dari 93 pertandingan. Hasil ini juga membawa Mendy menjadi kepercayaan Thomas Tuchel mengawal mistar gawang Chelsea.

2 dari 4 halaman

Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly resmi diumumkan sebagai pemain baru Chelsea musim 2022/2023 (c) Chelsea

Koulibaly baru saja berganti klub awal pekan ini. Koulibaly bergabung ke Chelsea dengan nilai transfer 38 juta euro. Sebelumnya ia bermain delapan musim untuk klub Italia, Napoli.

Berposisi sebagai bek tengah, Koulibaly memiliki tinggi 186 cm sebagai modal bertarung di udara dengan striker jangkung Eropa. Selama berseragam Napoli, Koulibaly menjadi pilihan utama di lini pertahanan Napoli dengan mencatatkan 316 pertandingan.

Memulai debut bersama Timnas Senegal pada usia 24 tahun. Sejauh ini, ia mencatatkan 62 caps dan ikut meraih gelar juara Piala Afrika 2021. Ia dinilai akan menjadi tembok kuat pertahanan Senegal pada Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

Idrissa Gueye

Gelandang PSG, Idrissa Gueye (tengah) (c) AP Photo

Berstatus sebagai pemain Paris Saint Germain, tentu saja Gueye akan menjadi modal kuat bagi Senegal di Piala Dunia. Pengalamanya mengawal lini tengah Les Parisiens selama tiga musim akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelatih Senegal.

Selama membela PSG, Gueye mencatatkan 111 pertandingan dengan kontribusi tujuh gol dan enam assist. Sebelum bermain bersama PSG, Gueye juga pernah bermain dengan beberapa klub top Eropa seperti Everton, Aston Villa hingga Losc Lille.

Memulai debutnya 11 tahun yang lalu, Gueye sudah mengenal jauh permainan Senegal. Mengoleksi tujuh gol dari 97 pertandingan, Gueye sudah pasti menjadi pilihan utama Aliou Cisse.

4 dari 4 halaman

Sadio Mane

Sadio Mane. (c) AP Photo

Baru didatangkan Bayern Munchen seharga 556 miliar Rupiah, mantan penyerang bintang Liverpool ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Malang melintang di sepak bola Eropa membuat Mane selalu jadi pilihan utama Senegal di lini serang.

Kala bersama The Reds, Mane mencatatkan statistik mengesankan dengan 120 gol dan 48 assist dari 269 laga. Bersanding dengan dua nama besar seperti Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Mane menjelma menjadi bagian trio mematikan Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Mengawali kariernya di timnas senior Senegal pada tahun 2010, Mane mencatatkan 33 gol dari 91 pertandingan. Sadio Mane, di Senegal, acap kali dipercaya menjadi penyerang tengah. Namun, dia juga bisa bermain sebagai winger.

Sumber : Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR