FOLLOW US:


Man of the Match Swiss vs Italia: Yann Sommer

06-09-2021 04:17

 | Dimas Ardi Prasetya

Man of the Match Swiss vs Italia: Yann Sommer
Aksi Yann Sommer memotong bola di laga Swiss vs Italia di matchday 5 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di St Jakob Park Stadium, Senin (06/09/2021) dini hari WIB. © Keystone via AP Photo

Bola.net - Kiper Swiss, Yann Sommer, layak terpilih sebagai Man of the Match di laga lawan Italia matchday 5 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di St Jakob Park Stadium, Senin (06/09/2021) dini hari WIB.

Italia datang ke markas Swiss dengan status mentereng. Mereka datang dengan rekor 35 laga tak terkalahkan.

Italia kemudian menunjukkan mengapa mereka bisa mendapatkan rekor tersebut. Pasukan Roberto Mancini tampil cukup dominan dan mendapat sejumlah peluang di babak pertama.

Namun tak ada gol tercipta. Di babak kedua, Italia kembali menekan pertahanan Swiss.

Italia sempat mendapat peluang emas melalui penalti. Sayang eksekusi titik putih Jorginho bisa dimentahkan oleh Yann Sommer.

Italia terus menggebrak, terutama melalui Insigne dan Berardi. Namun mereka terhalang oleh ketangguhan Sommer.

Pada akhirnya, tak ada gol tercipta. Laga Swiss vs Italia ini berakhir imbang 0-0.

1 dari 2

Penampilan Yann Sommer

Di laga ini, Italia mencatatkan setidaknya 10 tendangan. Tujuh di antaranya tepat sasaran.

Akan tetapi, semua peluang itu nyaris semuanya bisa dimentahkan oleh ketangguhan Yann Sommer. Gerak refleksnya kerap membuat frustrasi barisan depan Gli Azzurri.

Contohnya saja pada menit ke-18. Sommer sukses menggagalkan counter attack Italia yang dilancarkan oleh Domenico Berardi.

Kemudian jelang babak pertama berakhir, ia sukses menghalau freekick Lorenzo Insigne. Ia lantas melanjutkan aksi briliannya dengan menepis penalti Jorginho pada menit ke-53.

Jorginho seperti biasa melakukan trik penaltinya. Namun Sommer dengan cermat bisa membaca arah bola dan menjatuhkan diri ke arah kiri.

Pada menit ke-72, ia juga menunjukkan refleks yang luar biasa. Tendangan datar kaki kiri Insigne bisa ditahannya dengan tangan kiri sembari menjatuhkan diri. Bola rebound kemudian sukses ia amankan meski sempat terbang di udara.

2 dari 2

Statistik Yann Sommer

Selain melakukan sejumlah penyelamatan, Yann Sommer juga mencatatkan aksi lainnya yang membantu Swiss menahan imbang Italia.

Menurut catatan WhoScored, Sommer melepas 45 umpan sepanjang laga. Akurasinya 66.7 persen.

Sommer juga berusaha membantu timnya membantu serangan. Ia mencatatkan 21 long ball, meski hanya tujuh yang tepat sasaran.

Sommer juga sempat mencatatkan satu intersep. Ia juga menambahkan dua sapuan.

Situs WhoScored pun memberikannya rating nyaris sempurna, 9.45! Yann Sommer layak diberi penghargaan sebagai Man of the Match di laga Swiss vs Italia ini.

(WhoScored)