Maroko Gemilang di Piala Dunia 2022, Eks Pelatih: Itu Berkat Andil Saya!

Editor Bolanet | 8 Desember 2022 00:45
Maroko Gemilang di Piala Dunia 2022, Eks Pelatih: Itu Berkat Andil Saya!
Vahid Halilhodzic (c) AFP

Bola.net - Timnas Maroko berhasil mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya sanggup melaju hingga babak perempat final Piala Dunia 2022. Dengan prestasi mentereng tersebut, eks pelatih Vahid Halilhodzic mengaku ia juga turut berjasa kepada Singa Atlas atas performa yang mereka tunjukkan selama di Qatar.

Vahid Halilhodzic sempat menukangi timnas Maroko pada tahun 2019 hingga Agustus 2022 atau tiga bulan jelang Piala Dunia 2022. Ia kemudian dipecat lantaran terjadinya perbedaan visi antara dirinya dengan Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko (FRMF).

Pelatih asal Bosnia itu memiliki andil dengan sanggup mengantarkan Singa Atlas meraih hasil positif selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kemudian ia memastikan timnas Maroko untuk tampil pada Piala Dunia 2022 setelah menyisihkan Kongo di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika.

"Saya benar-benar telah menginvestasikan diri saya dalam proyek ini secara menyeluruh selama tiga tahun dan ini masih Piala Dunia yang akan saya rindukan. Ya, [itulah] hidup," ujar Vahid Halilhodzic dilansir dari laman FotMob.

Simak komentar lebih lanjut Vahid Halilhodzic di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Klaim Merasa Andil

Pelatih berusia 70 tahun itu mengungkapkan apa yang ditorehkan timnas Maroko saat ini di Qatar merupakan andilnya. Halilhodzic mengklaim, di bawah tangan dinginnya Singa Atlas tampil sebagai tim menakutkan selama babak kualifikasi serta mampu tampil tajam.

"Apa yang membuat seorang pelatih kredibel adalah hasilnya. Dan tim Maroko tidak pernah mendapatkan hasil yang lebih baik daripada saya di kualifikasi Piala Dunia. Tujuh kemenangan, satu seri dengan rata-rata mencetak tiga gol per pertandingan. itu fakta," katanya.

2 dari 3 halaman

Kenang Pertama Kali Latih Maroko

Kemudian Halilhodzic sedikit memberikan kenangannya saat pertama kali tiba di Maroko. Eks pelatih timnas Jepang ini bahkan rela menonton video Liga Maroko untuk menemukan pemain-pemain yang ia anggap pantas membela Singa Atlas.

"Saat Anda tiba di suatu negara, Anda tidak mengenal semua pemain bagus. Jadi kami harus mencari mereka. Berapa banyak kaset yang saya tonton di Maroko? Setidaknya seribu. Saya memperbarui 80 persen tim. Kami harus menemukan mereka, pemain yang mau bermain untuk tim nasional.

3 dari 3 halaman

Sempat Bersitegang Dengan Hakim Ziyech

Vahid Halilhodzic sempat terlibat friksi dengan pemain bintang timnas Maroko yaitu Hakim Ziyech. Kejadian tersebut terjadi di tahun 2021 saat Singa Atlas sedang mempersiapkan tampil di Piala Afrika.

Halilhodzic menuding sikap Ziyech bak pemain bintang yang tidak mau bekerja keras serta tidak disiplin saat mengikuti sesi latihan bersama Maroko. Atas kejadian itu, sang pemain sempat menyatakan pensiun dari panggung internasional di tahun 2021.

Dengan dipecatnya Halilhodzic dari kursi kepelatihan Maroko di tahun 2022, Ziyech langsung menarik keputusan tersebut dan sejak saat itu ia memutuskan kembali ke panggung internasional bersama Singa Atlas.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: FotMob

Penulis: Yoga Radyan

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR