Masa Depan Robert Lewandowski di Timnas Polandia Tergantung Gaya Main Tim, Pensiun Jika Bermain Bertahan

Abdi Rafi Akmal | 5 Desember 2022 10:14
Masa Depan Robert Lewandowski di Timnas Polandia Tergantung Gaya Main Tim, Pensiun Jika Bermain Bertahan
Ekspresi penyerang Polandia, Robert Lewandowski seusai laga melawan Prancis pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu (4/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Bola.net - Usia Robert Lewandowski kini sudah 34 tahun. Pertanyaan seputar kapan akan pensiun dari timnas Polandia pun mulai mengemuka. Namun, Lewandowski menegaskan masih akan mempertimbangkannya dengan melihat gaya main timnya tersebut.

Polandia baru saja dipulangkan oleh Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pertandingan yang berlangsung di Al Thumama Stadium itu dimenangkan Prancis dengan skor 3-1, Minggu (4/12/2022) malam WIB.

Penyerang Barcelona itu cukup kecewa dengan hasil yang diperoleh. Lewandowski menyayangkan timnya gagal memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk mencetak gol.

Meskipun, Polandia merupakan salah satu tim yang menciptakan peluang paling sedikit selama tiga laga di fase grup. Upaya tembakannya hanya 20, sama dengan Australia, dan hanya lebih baik dari Kosta Rika (11).

1 dari 3 halaman

Tidak Klinis

Tidak Klinis

Robert Lewandowski berduel dengan Antoine Griezmann di laga Prancis vs Polandia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Moises Castillo

Di babak 16 besar, Polandia berubah. Skuad asuhan Czeslaw Michniewicz itu secara mengejutkan mampu menciptakan 12 tembakan dengan xG senilai 1,75, unggul dari Prancis yang hanya mencatatkan xG 1,37.

“Kami telah memberikan segalanya di pertandingan dan membuat beberapa peluang, terutama di babak pertama. Sayang sekali kami gagal memanfaatkannya,” ujar dia kepada TVP.

“Bahkan setelah Prancis mencetak gol pertama, kami tetap bermain seperti biasa dan menciptakan masalah bagi mereka. Tapi ternyata itu tidak cukup.”

2 dari 3 halaman

Akankah Pensiun?

Kegagalan Polandia di Piala Dunia 2022 itu memunculkan pertanyaan, apakah akhirnya Lewandowski akan pensiun di timnas? Sebab, jika masih harus menunggu Piala Dunia berikutnya, usia sang pemain sudah mencapai 38 tahun.

“Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan saya,” ujarnya.

Salah satu yang mempengaruhi keputusannya nanti adalah soal gaya main tim. Lewandowski berharap Polandia bisa mempertahankan permainan kala berhadapan dengan Prancis, bukan permainan selama fase grup.

3 dari 3 halaman

Tidak Menikmati

Lewandowski menuturkan, gaya main Polandia di bawah asuhan Michniewicz selama fase grup membuatnya tidak menikmati pertandingan. Apabila dirinya tidak merasakan kesenangan lagi bermain di level timnas, mungkin ia akan pensiun.

“Ketika kamu bermain, maka kamu perlu menikmati permainan. Hal itu merupakan elemen paling penting dalam waktu dekat,” ucap dia.

“Ketika kami bermain dengan sangat bertahan, tidak ada kesenangan di sana. Ketika kami mencoba menyerang, itu berbeda,” ujarnya mengakhiri.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: TVP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR