5 Aktor Kemenangan Timnas Inggris Atas Senegal: Harry Kane Pecah Telur, Phil Foden 2 Assist

Gia Yuda Pradana | 5 Desember 2022 08:51
5 Aktor Kemenangan Timnas Inggris Atas Senegal: Harry Kane Pecah Telur, Phil Foden 2 Assist
Piala Dunia 2022: Pemain-pemain Inggris merayakan gol kontra Senegal di babak 16 besar (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bola.net - Timnas Inggris melenggang mulus ke perempat final Piala Dunia 2022. The Three Lions mengalahkan Senegal di babak 16 besar dengan skor telak 3-0, Senin (05/11/2022) dini hari WIB.

Menyitat statistik di laman WhoScored, Timnas Inggris memang unggul dari sisi permainan di Al Bayt Stadium. Penguasaan bola pasukan Tiga Singa mencapai 61,3 persen.

Timnas Inggris juga lebih efektif dalam mengeksekusi peluang. Harry Kane dan kawan-kawan melepaskan shots on target lebih banyak meskipun kalah dalam jumlah tembakan.

Terlepas dari kontribusi pertahanan, lini tengah dan depan memegang peran kunci di balik kemenangan Timnas Inggris. Mereka menjadi aktor dalam mengkreasikan 3 gol.

Berdasarkan rating di laman WhoScored, berikut 5 pemain Timnas Inggris yang menjadi aktor kemenangan atas Senegal. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Jordan Henderson - 7,63

Jordan Henderson - 7,63

Selebrasi gol Jordan Henderson di laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Senin (05/12/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo/Hassan Ammar

Jordan Henderson membuka keunggulan Timnas Inggris pada menit 38. Kerja sama dengan Jude Bellingham membuat gelandang Liverpool tersebut mampu menggetarkan gawang Senegal.

Menariknya, gol Jordan Henderson dicetak lewat satu-satunya tembakan yang dilepaskan sepanjang 82 menit di lapangan. Itu menjadi gol pertamanya dalam turnamen 4 tahunan tersebut.

Selain ikut mencetak gol ke gawang Senegal, Jordan Henderson juga melepaskan 2 long balls akurat. Selain itu, 2 tekel sukses dibukukan mantan pemain Sunderland tersebut.

2 dari 5 halaman

Harry Kane - 7,86

Harry Kane - 7,86

Selebrasi Harry Kane usai mencetak gol di laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal, Senin (5/12/2022) (c) AP Photo/Frank Augstein

Setelah puasa gol di fase grup Piala Dunia, Harry Kane mampu pecah telur di babak 16 besar. Penyerang Tottenham Hotspur itu ikut membobol gawang Senegal pada menit 45+2.

Harry Kane melepaskan 3 shots selama 90 menit. 2 dari 3 tembakan kapten Timnas Inggris itu berhasil mengenai sasaran, termasuk yang menggetarkan gawang Edouard Mendy.

Harry Kane juga menciptakan 1 peluang dalam laga kontra Senegal. Penyerang 29 tahun itu beberapa kali merepotkan pertahanan Senegal dengan 2 dribel suksesnya.

3 dari 5 halaman

Bukayo Saka - 8,01

Bukayo Saka - 8,01

Selebrasi Bukayo Saka usai mencetak gol di laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal, Senin (5/12/2022) (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bukayo Saka kembali menunjukkan ketajamannya bersama Timnas Inggris. Dia menyempurnakan kemenangan The Three Lions atas Senegal menjadi 3-0 pada menit 57.

Sebelum digantikan Marcus Rashford pada menit 65, Bukayo Saka melepaskan 2 tembakan ke gawang Senegal. Dia juga ikut mengkreasikan 1 peluang.

Dalam laga melawan Senegal, Bukayo Saka juga melepaskan 2 umpan crossing akurat. Pemain Arsenal itu juga piawai mengirim long balls.

4 dari 5 halaman

Phil Foden - 8,24

Phil Foden - 8,24

Phil Foden (kiri) dan Marcus Rashford (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Phil Foden terus bersinar seiring kesempatan yang diberikan oleh Gareth Southgate. Dia aktor di balik 2 gol Timnas Inggris yang dicetak Harry Kane dan Bukayo Saka.

Ya, pemain Manchester City tersebut mencetak 2 assist dalam laga kontra Senegal. Termasuk yang berbuah umpan gol, Phil Foden ikut mengkreasikan 3 peluang.

Namun, Phil Foden hanya tampil selama 65 menit. Tugasnya kemudian dilanjutkan oleh Jack Grealish yang merupakan rekan setimnya di Manchester City.

5 dari 5 halaman

Jude Bellingham - 8,46

Jude Bellingham - 8,46

Selebrasi Jude Bellingham di laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Senin (05/12/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo/Francisco Seco

Jude Bellingham selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Timnas Inggris. Pada laga melawan Senegal, gelandang Borussia Dortmund juga diturunkan sebagai starter.

Sebelum digantikan Mason Mount pada menit 76, Jude Bellingham mampu mencatatkan 1 peluang. Peluang tersebut berhasil dikonversikan menjadi assist untuk gol Jordan Henderson.

Jude Bellingham juga punya kemampuan mendistribusikan bola dengan sangat naik. Dari 33 umpan yang dilepaskan, akurasinya mencapai 91 persen.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR