FOLLOW US:


Masih Ingat Saat Jerman Hajar Brasil 7-1? Ternyata Inilah Pesan Joachim Loew di Ruang Ganti

26-06-2020 06:40

 | Richard Andreas

Masih Ingat Saat Jerman Hajar Brasil 7-1? Ternyata Inilah Pesan Joachim Loew di Ruang Ganti
Jerman Juara Piala Dunia 2014 © FIFA

Bola.net - Kemenangan Jerman atas Brasil dengan skor telak 7-1 pada Piala Dunia 2014 silam merupakan salah satu pertandingan yang sulit dilupakan sampai kapan pun. Sekarang, Sami Khedira mencoba mengenang momen tersebut.

Pertandingan itu membuktikan kekuatan Jerman yang akhirnya jadi juara. Mereka tampil trengginas di babak pertama dan berhasil unggul 5-0, Khedira terlibat langsung dengan mencetak gol kelima.

Bagi tim mana pun, unggul 5-0 di babak pertama berarti pertandingan sudah selesai. Jerman seharusnya sudah menang, kemungkinan Brasil bangkit membalikkan kedudukan sangatlah kecil.

Kendati demikian, Joachim Loew yang menangani Jerman saat itu ternyata tetap bersikap keras pada pemainnya di ruang ganti. Seperti apa? Baca kesaksian Khedira di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Belum selesai!

Melihat timnya unggul 5-0, pelatih mana pun mungkin bakal menyampaikan pujian di jeda paruh waktu. Namun, Loew justru bersikap keras pada skuad Jerman, bahkan mengancam menarik pemain yang tampil buruk.

"Jogi [Loew] berkata pada kami: 'Hebat! Tapi pertandingan belum selesai. Jika saya melihat siapa pun bermain-main, saya akan langsung menariknya!'," ujar Khedira kepada Sport Bild.

"Dia langsung mengyingkirkan euforia kami dan berkata: 'Kita mulai lagi dalam kondisi 0-0 dan saya ingin kita pun memenangkan babak kedua'. Itu adalah pesan yang luar biasa darinya."

2 dari 2

Kerendahan hati

Pesan Loew itulah yang membuat pemain-pemain Jerman tetap fokus memberikan yang terbaik di babak kedua. Mereka bermain dengan sikap rendah hati, padahal membantai tuan rumah Piala Dunia di kandangnya sendiri.

"Kami saling merangkul, bahkan mereka yang tidak punya akses ke ruang ganti pada jeda paruh waktu. Semua bersama-sama dan pesan dari para petinggi sangat jelas: 'Nikmatilah, tapi tetap rendah hati'," lanjut Khedira.

Pada akhirnya, Jerman pun memenangi babak kedua. Andre Schurrle mencetak dua gol, Brasil hanya bisa membalas satu gol lewat Oscar di ujung laga.

Kini, enam tahun sudah berlalu, tapi hasil akhir 7-1 itu masih sulit dipercaya.

Sumber: Bild