Piala Dunia 2022: Portugal Main Lebih Baik Tanpa Ronaldo? Tunggu Dulu!

Richard Andreas | 10 Desember 2022 22:15
Piala Dunia 2022: Portugal Main Lebih Baik Tanpa Ronaldo? Tunggu Dulu!
Piala Dunia 2022: Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bola.net - Portugal menghajar Swiss dengan skor telak 6-1 dalam duel babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kemenangan ini mengantar pasukan Fernando Santos ke babak 8 besar Piala Dunia 2022.

Rabu (7/12/2022), Lusail Stadium jadi saksi performa terbaik Portugal di turnamen kali ini. Bruno Fernandes dkk. begitu perkasa, Swiss tidak berkutik menghadapi gempuran serangan Portugal.

Menariknya, kemenangan besar ini diraih Portugal tanpa andil sang superstar, Cristiano Ronaldo. Pelatih Santos membuat kejutan besar dengan mencadangkan Ronaldo di panggung fase gugur Piala Dunia.

Posisi Ronaldo di lini serang digantikan oleh Goncalo Ramos, striker muda Benfica yang ternyata bermain luar biasa dan membungkus hattrick di laga ini.

1 dari 5 halaman

Portugal lebih baik tanpa Ronaldo?

Menang 6-1 tanpa Ronaldo, pemain yang dipercaya menggantikan peran Ronaldo pun tampil luar biasa dan membungkus hattrick. Faktor-faktor ini sekilas membuktikan bahwa Portugal sekarang main lebih baik tanpa Ronaldo.

Biar begitu, analis sepak bola Portugal, Pedro Sepulveda tidak mau terburu-buru membuat penilaian. Menurutnya Ronaldo sekarang masih bermain di level tertinggi.

"Sulit bagi saya berkata demikian [Portugal lebih baik tanpa Ronaldo]. Sebab mungkin dia adalah pemain terbaik Portugal sepanjang masa," ungkap Sepulveda di Sky Sports.

"Kita bicara soal salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Menurut saya, pemain seperti Ronaldo masih bermain di level tinggi."

2 dari 5 halaman

Memang beda gaya main

Sepulveda tidak langsung setuju menyebut Portugal main lebih baik tanpa Ronaldo. Namun, dia menyadari bahwa gaya main Portugal di lapangan berbeda ketika dengan Ronaldo dan ketika tanpa Ronaldo.

"Jika Anda mengamati skuad Portugal, mereka punya banyak pemain muda potensial. Bernardo Silva, Joao Felix, Rafael Leao, Goncalo Ramos, ada banyak pemain bagus," sambung Sepulveda.

"Jika Anda memperhatikan tim mereka, gaya main mereka berbeda ketika ada Ronaldo dan ketika tanpa Ronaldo. Kemarin [vs Swiss], tidaklah normal Portugal bisa mencetak 6 gol."

3 dari 5 halaman

Keputusan besar

Lagi pula, Sepulveda yakin bahwa mencadangkan Ronaldo bukan keputusan mudah. Di laga berikutnya Portugal akan menghadapi Maroko, menarik menunggu keputusan Santos.

"Jika di laga kontra Maroko nanti Portugal bermain tanpa Ronaldo, bisakah mereka menunjukkan gaya main yang sama? Apakah mereka bisa mencetak banyak gol?" lanjut Sepulveda.

4 dari 5 halaman

Hasil pertandingan Portugal di Piala Dunia 2022

Portugal 3-2 Ghana
(Cristiano Ronaldo 65' (p), Joao Felix 78', Rafael Leao 80'; Andre Ayew 73', Osman Bukari 89')

Portugal 2-0 Uruguay
(Bruno Fernandes 54', 90+3')

Korea Selatan 2-1 Portugal
(Kim Young-gwon 27', Hwang Hee-chan 90+1'; Ricardo Horta 5')

Portugal 6-1 Swiss
(Goncalo Ramos 17', 51', 67', Pepe 33', Raphael Guerreiro 55', Rafael Leao 90+2'; Manuel Akanji 58')

5 dari 5 halaman

Jadwal Portugal di Piala Dunia 2022

Maroko vs Portugal
Venue: Al Thumama Stadium
Hari, tanggal: Sabtu, 10 Desember 2022
Kick-off: 22.00 WIB
Live: SCTV, Indosiar, NEX Parabola
Live streaming: Vidio

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR