FOLLOW US:


Piala Dunia Tanpa Italia, Zola: Bukan Sebuah Tragedi

18-10-2017 18:03

 | Gianfranco Zola

Piala Dunia Tanpa Italia, Zola: Bukan Sebuah Tragedi
Skuat Italia saat lawan Liechtenstein. © AFP

Bola.net - Mantan pemain timnas Italia, Gianfranco Zola tidak menilai akan menjadi sebuah tragedi jika negaranya tidak bermain di Piala Dunia 2018. Zola justru ingin Italia meniru langkah Jerman jika memang gagal di Piala Dunia.

Kesertaan Italia di Piala Dunia 2018 saat ini memang masih belum pasti. Usai gagal lolos langsung dari kualifikasi zona Eropa, Italia kini sedang berjuang untuk lolos ke Rusia lewat jalur babak play off.

Berdasarkan drawing, yang dilakukan pada hari Selasa kemarin, Italia akan berjumpa Swedia di babak play off. Laga ini akan digelar dengan format kandang dan tandang dengan perhitungan agregat.

"Apakah akan menjadi sebuah tragedi jika Italia tidak lolos ke Piala Dunia? Saya pikir sama sekali tidak," ucap Zola kepada La Repubblica.

Menurut Zola, saat ini sepakbola Italia sedang dalam masa transisi. Ada banyak pemain muda tapi minim pengalaman. Jadi, Zola ingin ada sebuah penataan ulang kondisi sepakbola Italia di masa depan.

Gianfranco Zola

Bahkan, pemain yang mengoleksi 35 caps dan 10 gol ini meminta Italia untuk tidak gengsi meniru apa yang sudah dilakukan oleh Jerman. Zola disarankan meniru langkah Jerman yang kini sukses di level timnas.

"Saya ingat ketika Jerman harus tersingkir di Euro 2000. Rasa kecewa tersebut mereka [Federasi sepakbola Jerman] wujudkan sebagai katalisator bagi perubahan. Sepakbola Jerman pun kini kembali ke puncak performanya."

"Saat ini, Italia berjuang untuk bisa memiliki pemain kreatif. Di sisi lain, Spanyol justru memiliki banyak 'fantastista' dann mereka semua bisa bermain bersama," tambahnya.