Tim Zona CONCACAF Babak Belur di Piala Dunia 2022, Ini Pesan dari Guillermo Ochoa

Editor Bolanet | 7 Desember 2022 00:38
Tim Zona CONCACAF Babak Belur di Piala Dunia 2022, Ini Pesan dari Guillermo Ochoa
Kiper senior Meksiko di Piala Dunia 2022, Guillermo Ochoa (c) AP Photo/Moises Castillo

Bola.net - Tim-tim dari Zona CONCACAF harus puas menelan hasil pahit selama berkiprah di Piala Dunia 2022. Catatan minor tersebut membuat kiper timnas Meksiko, Guillermo Ochoa prihatin dan ia meminta kepada tim nasional di zona tersebut untuk menaikkan level permainan mereka sebelum berlaga di Piala Dunia 2026 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Zona CONCACAF dalam gelaran Piala Dunia 2022 kali ini diwakili oleh empat tim nasional. Keempat tim yang dimaksud adalah Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, serta Kosta Rika. Sayangnya ketiga tim kecuali timnas Amerika berakhir tragis yaitu tersisih dari fase grup.

Guillermo Ochoa lantas mengutarakan pendapatnya atas pencapaian tim-tim Zona CONCACAF di gelaran Piala Dunia 2022. Menurut pemain berusia 37 tahun, tim-tim dari zona tersebut harus berani mengirimkan lebih banyak pemainnya untuk pergi ke Eropa untuk merasakan level teratas permainan sepak bola.

"Ada hal-hal yang harus dibangun dan ditambahkan, ada orang-orang berbakat [dari Zona CONCACAF] yang harus didorong dan pergi ke Eropa," ujar Ochoa kepada ESPN.

1 dari 2 halaman

Harap Bisa Bermain di Lintas Konfederasi

Menurut Guillermo Ochoa, pemain dari Zona CONCACAF harus mendapatkan pengalaman berharga di Eropa. Serta, tim-tim dari zona tersebut membutuhkan kompetisi yang berarti untuk meningkatkan permainan mereka sebelum Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan oleh Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.

Ia juga mengusulkan tim-tim dari Zona CONCACAF untuk bisa bermain di ajang konfederasi berbeda untuk merasakan kompetisi kontinental yang berbeda.

"Saya harap kami bisa pergi ke Piala Asia, Copa America, tidak hanya memainkan pertandingan persahabatan di Amerika Serikat. Itu tidak akan menguntungkan kami," katanya.

2 dari 2 halaman

Didukung Keylor Navas

Kemudian, keprihatinan seorang Ochoa diamini oleh kiper timnas Kosta Rika Keylor Navas. Menurutnya, pemain-pemain Zona CONCACAF harus bersaing di liga-liga besar Eropa di usia muda.

"Semoga semua pemain muda bisa bersaing di level tinggi setiap Minggu dan tidak hanya [bersaing] di Piala Dunia saja," kata Navas.

Sebelumnya, tim-tim dari Zona Afrika, Asia, Eropa, serta Amerika Selatan, berhasil setidaknya mengirimkan dua wakilnya di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara wakil dari CONCACAF hanya mengirimkan satu tim ke babak tersebut yaitu Amerika Serikat yang juga harus kandas di tangan Belanda.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: ESPN via Reuters

Penulis: Yoga Radyan

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR