5 Alasan Timnas Inggris Juara Euro 2020: Football is Coming Home!

Asad Arifin | 10 Juni 2021 11:20
Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Prediksi kiprah Timnas Inggris di Euro 2020. Tim racikan Gareth Southgate menjadi salah satu unggulan di Euro 2020 dan punya peluang cukup besar untuk meraih gelar juara.

Inggris selalu menang pada enam laga terakhir sebelum tampil di Euro 2020. Inggris bahkan hanya kebobolan satu gol saja. Catatan yang luar biasa bukan?

Inggris juga sangat perkasa pada babak Kualifikasi Euro 2020. Dari delapan laga yang dimainkan, The Three Lions hanya sekali gagal menang yakni ketika kalah dari Rep. Ceko. Selebihnya, Inggris selalu menang dengan selisih gol besar.

Inggris juga punya materi pemain mumpuni di Euro 2020. Sebagai bukti, pemain selevel Jesse Lingard harus terdepak dari skuad timnas Inggris. Selain faktor-faktor di atas, berikut adalah lima alasan Inggris akan menjadi juara Euro 2020.

1 dari 5 halaman

Pencetak Gol Mumpuni

Selebrasi Harry Kane usai mencetak gol di laga Albania vs Inggris, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo

Inggris memang hanya mencetak dua gol pada dua laga uji coba jelang Euro 2020. Tapi, itu bukan gambaran asli betapa tajamnya lini serang Inggris.

Tengok capaian Inggris pada fase Kualifikasi Euro 2020. Hanya dari delapan laga, Inggris mencetak 37 gol!

Lini depan Inggris dihuni banyak pemain kelas satu. Harry Kane jadi andalan utama untuk mendulang gol. Selain itu, ada nama Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Dominic Calvert-Lewin. Lalu, ada juga Mason Mount, Jadon Sancho, dan Phil Foden yang siap jadi pelayan dari lini kedua.

2 dari 5 halaman

Punya Banyak Kapten

Gelandang Timnas Inggris dan Liverpool, Jordan Henderson. (c) AP Photo

Salah satu aspek yang menarik dari skuad Inggris di Euro 2020 adalah banyak pemain berlabel kapten. Inggris bakal punya banyak pemimpin dan jika diramu dengan baik oleh Southgate bisa jadi nilai lebih.

Harry Maguire adalah kapten utama Manchester United. Lalu, ada Jordan Henderson yang merupakan kapten Liverpool. Keduanya punya wibawa yang sangat penting bagi ruang ganti.

Selain itu, masih ada dua kapten lain di skuad timnas Inggris pada diri Harry Kane [Tottenham] dan Jack Grealish [Aston Villa]. Keduanya juga menjadi pemain yang sangat menentukan pada level klub.

3 dari 5 halaman

Dampak Sukses Chelsea dan Man City

Mason Mount, gelandang Inggris. (c) AP Photo

Sukses klub-klub Premier League di level Eropa pada musim 2020/2021 memang tidak secara langsung memberi dampak bagi timnas Inggris. Namun, dampak itu tetap terasa dan bakal sangat krusial.

Mason Mount punya musim yang sempurna di Chelsea dengan gelar juara Liga Champions. Begitu juga dengan Reece James dan Ben Chilwell. Lalu, ada Phil Foden yang tampil gemilang di Man City.

Luke Shaw, walau gagal meraih gelar, tampil bagus di Manchester United dan mencapai final Liga Europa. Shaw, bersama Harry Maguire, bakal punya ambisi besar meraih trofi bersama Inggris.

4 dari 5 halaman

Fase Grup yang Mudah

Skuad Inggris merayakan gol ke gawang Republik Irlandia, Jumat (13/11/2020) (c) Pool PA via AP Photo

Inggris mendapat undian yang bagus di fase grup Euro 2020. Sebab, jika melihat materi pemain, Inggris diprediksi bisa lolos dengan cukup mudah dari Grup D.

Selain Kroasia yang diprediksi bisa menyulitkan, Inggris sangat mungkin meraih tiga poin kala bersua Rep Ceko dan Skotlandia. Jika mampu lolos dari fase grup, maka jalan Inggris untuk melaju ke tahap selanjutnya bakal lebih mudah.

5 dari 5 halaman

Taktik yang Fleksibel

Pelatih Inggris, Gareth Southgate (c) Pool Photo via AP

Formasi yang paling sering dipakai Gareth Southgate adalah 4-2-3-1. Akan tetapi, Southgate punya banyak variasi taktik yang membuat cara bermain Inggris sulit ditebak lawan. Selain 4-2-3-1, Southgate juga bisa memakai formasi 4-3-3 dan 3-5-2.

Southgate punya banyak pemain yang fleksibel untuk memainkan formasi di atas. Kyle Walker bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan, dan wingback kanan. Reece James juga punya kemampuan yang sama.

Di lini depan, ada Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jadon Sancho yang sangat fleksibel. Sedangkan, di lini tengah, ada nama Jack Grealish dan Mason Mount yang juga sangat fleksibel dari sisi peran dan taktik.

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR