5 Alasan Turki Kalahkan Italia di Laga Perdana Euro 2020: Gli Azzurri Siap Merana?

Asad Arifin | 11 Juni 2021 10:14
Euro 2020, Timnas Turki vs Timnas Italia (c) Bola.net

Bola.net - Turki vs Italia pada laga perdana Grup A Euro 2020. Turki punya kans untuk meraih kemenangan pada duel yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (11/6/2021) dini hari WIB.

Italia dalam performa yang sangat bagus jelang Euro 2020. Pasukan Roberto Mancini melakoni dua uji coba sebelum Euro, dan selalu menang besar. Gli Azzurri membantai San Marino 7-0 dan menghajar Republik Ceko empat gol tanpa balas.

Namun, Turki juga punya modal apik jelang laga melawan Italia. The Crescent-Stars tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya. Pasukan Senol Gunes menang empat kali dan dua kali imbang.

Italia mungkin lebih diunggulkan, tetapi Turki tetap punya peluang menang. Yuk simak lima alasan mengapa Turki bakal menang atas Italia pada laga perdana Euro 2020 di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Status 'Kuda Hitam'

Pemain Turki merayakan gol yang dicetak Hakan Calhanoglu ke gawang Belanda dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (25/3/2021). (c) AP Photo

Italia punya beban besar pada laga pembuka Euro 2020. Mereka akan jadi tuan rumah dan ini adalah laga perdana mereka di turnamen besar usai gagal tampil di Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan Italia, Turki justru bisa tampil tanpa beban. Turki bukan unggulan juara. Tim racikan Seno Gunes juga tidak punya beban 'tuan rumah' layaknya Italia. Turki bisa tampil lepas pada duel ini.

Turki juga punya materi pemain yang bagus. Caglar Soyuncu bisa jadi andalan di belakang. Lalu, ada Hakan Calhanoglu di tengah, dan Burak Yilmaz di lini serang.

2 dari 5 halaman

Para Jagoan Serie A

Winger AC Milan, Hakan Calhanoglu (c) AP Photo

Senol Gunes mungkin tidak perlu repot-repot melakukan analisis permainan Italia. Sebab, dia punya tiga 'mata-mata' untuk tahu seperti apa cara bermain para pemain kunci Italia.

Di skuad Turki, Senol Gunes punya empat pemain yang berkiprah di Serie A yakni Merih Demiral [Juventus], Hakan Calhanoglu [AC Milan], Kaan Ayhan, dan Mert Muldur [Sassuolo]. Mereka bisa jadi pemain kunci Turki untuk melawan Italia.

Calhanoglu pantas mendapat sorotan lebih. Dia tampil sangat bagus bersama Milan pada musim 2020/2021.

3 dari 5 halaman

Ledakan dari Lille

Penyerang Lille, Yusuf Yazici, mencetak hattrick ke gawang AC Milan di Liga Europa (c) AP Photo

Sukses Lille menjadi juara Ligue 1 bisa membawa dampak pada langkah Turki di Euro 2020. Sebab, ada tiga pemain Lille yang akan turut membela Turki di Euro dan mungkin membuat kejutan yang sama.

Tiga pemain tersebut yakni Zeki Celik, Yusuf Yazici, dan Burak Yilmaz. Ketiganya bisa memberi kejutan bagi Italia, apalagi Yazici.

Yazıci, bersama Lille, mencetak tiga gol alias hattrick saat berjumpa AC Milan di fase grup Liga Europa. Yazıcı mungkin bisa menjadikan memori manis itu untuk kembali melukai penjaga gawang Gianluigi Donnarumma.

4 dari 5 halaman

Pertahanan Solid

Caglar Soyuncu (c) AFP

Turki hanya kebobolan total 3 gol di Kualifikasi Euro 2020. Bersama Belgia, Turki menjadi tim dengan lini pertahanan paling sedikit kebobolan. Turki mencatat delapan cleansheet, paling banyak dibanding tim mana pun.

Solid lini belakang Turki tentu saja tidak lepas dari keberadaan Merih Demiral, Caglar Soyuncu, dan Ozak Kabak. Keduanya tampil sangat padu. Sebagai bukti lainnya, Turki tidak kebobolan pada dua laga uji coba terakhir jelang Euro 2020.

5 dari 5 halaman

Tangan Dingin Senol Gunes

Senol Gunes. (c) AFP

Senol Gunes memang tidak setenar Roberto Mancini. Akan tetapi, Senol Gunes adalah sosok yang dihormati di Turki. Pria 69 tahun itu punya begitu banyak prestasi.

Senol Gunes punya delapan gelar Liga Turki dan tujuh runner-up. Dia juga meraih lima gelar Piala Turki dan delapan gelar Super Cup. Sebelum melatih timnas, Senol Gunes sudah malang melintang di level klub.

Senol Gunes punya rekor bagus bersama timnas Turki. Dari 26 laga yang dimainkan, dia baru tiga kali kalah. Gunes memenangkan 14 laga dan sembilan laga sisa berakhir imbang.

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR