5 Pemain Kunci Spanyol di Euro 2020: Thiago Oke, Moreno Krusial!

Richard Andreas | 11 Juni 2021 07:00
Selebrasi pemain Spanyol usai menjebol gawang Kosovo, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo

Bola.net - Spanyol memasuki Euro 2020 dengan tantangan besar. Luis Enrique harus memaksimalkan potensi skuadnya untuk bersaing dengan tim-tim terbaik.

Kali ini Spanyol bukan favorit juara karena kondisi skuad yang belum maksimal. Tim Matador ini baru memulai regenerasi skuad dalam dua tahun terakhir.

Saat ini tim Spanyol diisi oleh pemain-pemain muda dengan potensi besar. Namun, tentunya para pemain muda ini masih perlu pengalaman untuk berkembang mencapai level generasi emas Spanyol sebelumnya.

Bagaimanapun, Spanyol tetaplah salah satu tim terkuat untuk Euro 2021 nanti. Setidaknya ada 5 pemain kunci Spanyol yang bisa jadi penentu. Scroll ke bawah ya!

1 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Aksi Thiago Alcantara dalam duel Spanyol vs Portugal, uji coba jelang Euro 2020 (c) AP Photo

Thiago Alcantara bakal memegang peran sebagai motor permainan Spanyol. Dia punya visi bermain apik dan jadi salah satu pemain terpenting di bawah Luis Enrique beberapa tahun terakhir.

Thiago bisa mengisi beberapa posisi di lini tengah, tapi diduga dia bakal bermain sebagai deep lying playmaker. Artinya, Thiago akan sering menjemput bola dari belakang dan memulai serangan dari tengah.

Satu-satunya masalah Thiago adalah performa yang tidak maksimal setelah melewati musim sulit bersama Liverpool. Masih meragukan apakah dia bisa kembali ke level top bersama Spanyol di Euro 2021 nanti.

2 dari 7 halaman

Pau Torres

Pemain belakang Villarreal, Pau Torres, usai laga melawan Arsenal di semifinal Liga Europa 2020/2021 (c) UEFA Champions League Twitter

Tanpa Sergio Ramos di lini belakang, pertahanan Spanyol bakal berharap penuh pada penampilan Pau Torres.

Bek Villarreal ini mulai sering dibicarakan setahun terakhir. Performanya memukau hingga mencuri perhatian klub top seperti Manchester United.

Pau Torres sedang percaya diri usai membantu Villarreal menjuarai Liga Europa 2020/21. Dia dikenal sebagai bek modern yang berani membawa bola dan membantu membangun serangan.

3 dari 7 halaman

Gerard Moreno

Penyerang Villarreal, Gerard Moreno, usai mencetak gol ke gawang Manchester United di final Liga Europa (c) AP Photo

Di lini serang, harapan Spanyol ada di pundak Gerard Moreno. Dia diprediksi bakal jadi ujung tombak utama skuad Matador.

Moreno baru menjalani musim luar biasa bersama Villarreal. Dia membantu tim menjuarai Liga Europa 2020/21 dan berhasil mencetak total 23 gol di La Liga.

Jumlah 23 gol itu hanya kalah dari Lionel Messi (30). Ini membuktikan ketajaman Moreno sebagai salah satu striker murni Spanyol di Euro nanti.

4 dari 7 halaman

Koke

Gelandang Spanyol, Koke. (c) AP Photo

Spanyol butuh gelandang petarung yang mahir meredam gempuran serangan lawan. Untungnya, tidak ada yang lebih baik dari Koke dalam tugas tersebut.

Koke adalah gelandang sentral murni, tidak terlalu defensif dan tidak terlalu ofensif. Dia dapat memberikan keseimbangan permainan di lapangan.

Musim ini Koke berperan penting membantu Atletico Madrid menjuarai La Liga. Momentum itu akan membuatnya lebih percaya diri untuk Euro nanti.

5 dari 7 halaman

Ferran Torres

Penyerang Spanyol, Ferran Torres, berlari membawa bola usai menjebol gawang Georgia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 hari Minggu (29/3/2021). (c) AP Photo

Ferran Torres masih 21 tahun tapi sudah berhasil menembus tim senior Spanyol. Hal ini sudah cukup menjadi bukti bakat dan kemampuannya.

Musim 2020/21, Torres sempat jadi pahlawan Manchester City di tengah absennya para striker di pertengahan musim. Dia belajar banyak hal di bawah Josep Guardiola.

Torres bermain sebagai winger, tapi dia juga bisa mengisi peran false nine dengan sama baiknya. Pemain seperti ini bisa jadi senjata rahasia yang mengejutkan lawan.

6 dari 7 halaman

Daftar skuad Spanyol

  • Kiper: David de Gea (Manchester United), Unai Simón (Athletic), Robert Sánchez (Brighton & Hove Albion).
  • Bek: José Gayà (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Eric García (Manchester City), Diego Llorente (Leeds United), César Azpilicueta (Chelsea), Marcos Llorente (Atlético).
  • Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri Hernández (Manchester City), Pedri (Barcelona), Thiago Alcántara (Liverpool), Koke (Atlético), Fabián Ruiz (Napoli).
  • Penyerang: Dani Olmo (Leipzig), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Gerard Moreno (Villarreal), Álvaro Morata (Juventus), Ferran Torres (Manchester City), Adama Traoré (Wolves), Pablo Sarabia (PSG).
7 dari 7 halaman

Jadwal Spanyol di Euro 2020

Spanyol tergabung di Grup E bersama Polandia, Slovakia, dan Swedia. Berikut jadwal fase grup selengkapnya:

  • 15 Juni 2021 - Spanyol vs Swedia
  • 20 Juni 2021 - Spanyol vs Polandia
  • 23 Juni 2021 - Slovakia vs Spanyol

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR