FOLLOW US:


Analisis Timnas Inggris: Punya Nomor 9 Terbaik, tapi Miskin Playmaker

09-09-2019 09:45

 | Asad Arifin

Analisis Timnas Inggris: Punya Nomor 9 Terbaik, tapi Miskin Playmaker
Inggris © AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris menjalani babak Kualifikasi Euro 2020 dengan mulus. Namun, ada satu titik yang menjadi sorotan. Timnas Inggris disebut tidak punya playmaker kelas dunia.

Inggris telah memainkan tiga laga di Grup A Kualifikasi Euro 2020. Hasilnya, poin sempurna mampu diraih oleh Inggris. Republik Ceko, Montenegro dan Bulgaria dikalahkan dengan skor telak.

Inggris mampu mencetak 14 gol dalam tiga laga tersebut. Sedangkan, gawang Jordan Pickford hanya sekali kebobolan yakni dari Marco Vesovic di laga melawan Motenegro.

Di balik kegemilangan Inggris itu, ada satu catatan yang menarik dari jurnalis Sky Sports, Kaveh Solhekol. Dia menilai Inggris masih miskin playmaker. Benarkah begitu? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Benarkah Inggris Miskin Playmaker?

Jika melihat catatan statistik yang ditorehkan oleh Inggris, seolah tidak ada masalah dari lini serang. Dengan catatan 14 gol dalam tiga pertandingan, Inggris menjadi klub yang tajam di babak Kualifikasi Euro 2020.

Akan tetapi, Kaveh Solhekol punya sudut pandang yang berbeda. Dia menilai kombinasi Declan Rice, Ross Barkley dan Jordan Henderson yang tampil di laga kontra Bulgaria tidak cukup kreatif. Inggris miskin playmaker.

"[Manajer timnas Inggris, Gareth] Southgate memiliki banyak opsi berkualitas tinggi di lini tengah tetapi para kritikus telah menunjukkan bahwa Inggris tidak memiliki seseorang dengan kualitas Luka Modric atau Frenkie de Jong," kata Kaveh Solhekol di Sky Sports.

Sejauh ini, Kaveh Solhekol melihat masalah itu masih bisa diatasi oleh Southgate. Dengan Harry Kane dan Raheem Sterling yang terus tampil konsisten, Inggris tidak kesulitan dalam mendulang gol.

"Inggris bisa mendapatkan hasil tanpa playmaker. Kecuali ketika mereka menghadapi tim terbaik di dunia," ucapnya.

Inggris sebenarnya masih punya James Maddison dan Dele Alli yang bisa menjadi playmaker. Hanya saja, Maddison belum mendapat kesempatan bermain. Sedangkan Dele Alli kini dalam kondisi cedera.

2 dari 2

Harry Kane Nomor 9 Terbaik di Dunia

Peran Harry Kane di lini depan Inggris sangat besar. Dari 14 gol yang dicetak oleh Inggris di babak Kualifikasi Eeuro 2020, pemain asal Tottenham tersebut menyumbang lima gol.

"Gareth Southgate tidak akan menukar Harry Kane dengan nomor 9 lainnya di dunia. Kane kini telah mencetak lebih banyak gol untuk Inggris daripada Sir Geoff Hurst. Dia membutuhkan lima gol lagi untuk menyamai total 30 gol Alan Shearer," kata Solhekol.

Selain Harry Kane, Inggris juga sangat bergantung pada sosok Raheem Sterling. Sama seperti Kane, Sterling juga telah mencetak lima gol. Pemain asal klub Manchester City ini selalu menjadi andalan Gareth Southgate.

Sumber: Sky Sports