Mesut Ozil Kirim Dukungan Kepada Bukayo Saka yang Jadi Korban Rasisme

Aga Deta | 22 Juli 2021 10:59
Giorgio Chiellini vs Bukayo Saka di final Euro 2020 Italia vs Inggris (c) AP Photo

Bola.net - Mesut Ozil memberikan dukungan kepada Bukayo Saka yang telah diserang habis-habisan akibat insiden gagal penalti di final Euro 2020.

Saka merupakan salah satu pemain yang dipanggil Gareth Southgate untuk membela Timnas Inggris di Euro 2020. Dia berkontribusi cukup besar membawa Inggris ke final Euro 2020.

Saka tercatat empat kali tampil di Euro 2020. Namun pemain Arsenal itu mendapatkan situasi yang kurang baik pada final melawan Italia.

Ditunjuk sebagai penendang terakhir dalam babak adu penalti, ia gagal melaksanakan tugasnya. Alhasil, Inggris kalah melawan Italia di Final.

Kegagalan eksekusi penalti Saka itu berbuntut panjang. Pemain berusia 19 tahun itu kemudian jadi korban serangan rasis di media sosial.

1 dari 3 halaman

Dukungan Ozil

Mantan playmaker Arsenal Ozil ikut prihatin dengan situasi yang dialami Saka. Ozil pun memberikan dukungannya kepada pemain berusia 19 tahun itu.

"Saya bisa merasakan apa yang dialami Bukayo," kata Ozil kepada Sky Sports.

"Saya tahu dari pengalaman saya sendiri bagaimana rasanya gagal mengeksekusi penalti.

"Di final, sebagai penendang terakhir, yang mengambil tanggung jawab dari seluruh bangsa sebagai pemain muda - respek. Tidak banyak pemain yang berani melakukan itu."

2 dari 3 halaman

Saran Ozil

Ozil juga punya saran untuk Saka terkait serangan rasis yang ditujukan kepada pemain muda Arsenal tersebut.

"Sayangnya akan selalu ada bagian kecil dari komunitas kami yang menghina dan mengancam pemain secara rasial," lanjutnya.

"Kami harus lebih fokus pada pesan positif yang membuat para pemain tetap kuat."

3 dari 3 halaman

Masa Depan Cerah

Ozil yang kini bermain di Fenerbahce juga merasa sangat yakin jika mantan rekan setimnya tersebut memiliki masa depan yang cerah di depannya.

“Bukayo diberkahi dengan bakat yang tidak dimiliki banyak orang,” sambungnya.

“Jika dia tetap rendah hati dan bertekad seperti dia, saya seratus persen yakin bahwa dia memiliki masa depan yang hebat di depannya dan bisa menjadi pemain hebat.

“Dia benar-benar bakat yang hebat, dan saya yakin akan ada lebih banyak pertandingan besar untuk tim nasional Inggris untuknya di masa depan.

"Bukayo adalah pemain muda yang sederhana. Saya mengenalnya sebagai seorang pemuda yang sangat gigih yang bekerja sangat keras untuk mimpinya dan melakukan segala yang dia bisa untuk mencapainya."

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR