Pemain Seperti Jadon Sancho? Inggris Punya Banyak!

Yaumil Azis | 5 Juli 2021 12:45
Jadon Sancho usai laga Ukraina vs Inggris di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Jadon Sancho menunjukkan kualitasnya ketika Inggris bertemu Ukraina dalam laga perempat final Euro 2020. Namun, dia bukan satu-satunya pemain yang berkualitas.

Setelah menunggu lama, Sancho akhirnya diberi kesempatan tampil sejak menit awal oleh sang pelatih, Gareth Southgate, saat menghadapi Ukraina. Sebelumnya, ia hanya bermain selama enam menit kala melawan Republik Ceko.

Sancho tidak menghasilkan gol maupun asis di laga itu. Tapi, secara terus-menerus, rekrutan anyar Manchester Uited tersebut membuat lini pertahanan lawan kocar-kacir dengan kecepatan serta kemampuannya menggiring bola.

Menurut catatan Whoscored, Sancho menyelesaikan empat dari enam percobaan menggiring bola di laga itu. Pada akhirnya, ia turut berjasa besar membantu the Three Lions keluar sebagai pemenang dengan skor telak 4-0.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Inggris Punya Banyak Pemain Berkualitas

Kendati tidak mencetak gol maupun asis, Sancho bisa memikat perhatian banyak orang dengan aksinya. Alhasil, Sancho pun mendapatkan pujian dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari mantan pelatih Chelsea, Frank Lampard.

Ia menyanjung penampilan Sancho setinggi langit. Akan tetapi, Lampard tidak mendiskreditkan kontribusi pemain-pemain lain dan berkata kalau Inggris tak kekurangan sosok berkualitas seperti Sancho.

"Saya kira ada keseimbangan dan kecepatan yang alami dalam dirinya, dan pergerakannya. Ini bukanlah norma yang biasanya," ujar Lampard kepada BBC Sport usai pertandingan.

"Dan beruntungnya buat Inggris sekarang, di dalam skuat, kami punya beberapa pemain seperti ini, talenta luar biasa seperti ini di area penyerangan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Membenarkan Keputusan Southgate

Satu hal yang membuat Lampard semakin salut adalah Sancho menjalankan fungsinya sebagai penyerang sayap di sisi kanan lapangan. Ia membuat keputusan Southgate untuk memainkan dirinya sejak menit awal menjadi tepat.

"Dia sepenuhnya membenarkan keputusan Gareth untuk memainkannya hari ini, karena apa yang dia bawa. Dia ingin menginginkan pemain berkaki kanan, dia butuh seseorang yang melakukan tusukan dari samping," kata Lampard lagi.

"Kedewasaan dari seorang anak muda yang baru masuk ini dan ditunjukkan dalam pertandingan level ini membuktikan banyak hal soal mentalitasnya. Kami memiliki pemain spesial yang akan tampil di Premier League," pungkasnya.

Menarik untuk disaksikan apakah Sancho bisa tampil lagi kala Inggris menghadapi Denmark di babak semifinal. Sebab Inggris punya banyak penyerang handal lain seperti Marcus Rashford, Jack Grealish dan Phil Foden yang bisa mengisi posisinya.

(BBC Sport)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR