FOLLOW US:


Review: Swedia Patahkan Tren Positif Belanda

12-10-2011 03:17

 | Klaas-Jan Huntelaar

Review: Swedia Patahkan Tren Positif Belanda
Swedia patahkan tren positif Belanda © AFP

Bola.net - Belanda tak berhasil mengikuti tren positif yang ditorehkan oleh Jerman, De Oranje harus mengakui keunggulan Swedia dengan skor 3-2, di laga terakhir kualifikasi Euro 2012 Grup E di Råsundastadion, Rabu (12/10).

Bermain di kandang sendiri membuat semangat pemain Swedia berlipat, serangan demi serangan terus dilancarkan ke jantung pertahanan Belanda.

Hasilnya, sebuah pelanggaran di depan kotak penalti Belanda berhasil dimanfaatkan menjadi sebuah gol pertama untuk Swedia.

Kim Kallstrom yang menjadi algojo tendangan bebas tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, tendangan bebasnya meluncur deras di pojok atas gawang Belanda, Micehl Vorm yang menggantikan Maarten Stekelenburg tak berhasil menjangkau bola, kedudukan berubah menjadi 1-0 di menit ke-14.

Tertinggal, Belanda pun menaikkan tempo permainannya, di menit ke-22 Belanda berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Klaas-Jan Huntelaar menyambut umpan Erik Pieters.

Pertandingan pun semakin seru, kedua tim sama-sama melancarkan serangannya, namun belum ada gol tambahan yang tercipta.

Hingga berakhirnya babak pertama, kedudukan tetap imbang 1-1.

Di babak kedua, tempo permainan semakin cepat, tak butuh waktu lama, di menit ke-50 Belanda berhasil unggul 2-1 melalui sundulan striker Liverpool, Dirk Kuyt.

Namun, keunggulan tersebut ternyata tak berlangsung lama, di menit ke-52, tendangan penalti Sebastian Larsson berhasil menyamakan kedudukan.

Hadiah penalti tersebut diberikan oleh wasit setelah Jeffrey Bruma melakukan handball.

Tak cukup di situ, di menit ke-53, sebuah tendangan kaki kanan Ola Toivonen dari jarak 20 meter berhasil membuat Vorm memungut bola dari gawangnya.

Kedudukan 3-2 untuk Swedia ini membuat permainan semakin terbuka, Huntelaar, Mark van Bommel, Rafael van Der Vaart dan Robin van Persie beberapa kali menciptakan peluang bagi Belanda.

Di kubu Swedia, John Elmander, Toivonen dan Kallstrom beberpa kali membahayakan gawang Belanda.

Namun, tak ada lagi gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim, Belanda harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 3-2 dan memupus kemenangan 100% Belanda di babak kualifikasi dan menjadi kekalahan pertama Bert van Marwijk.

Dengan hasil ini Belanda tetap lolos ke Ukraina-Polandia, sedangkan Swedia berhasil mengamankan posisi kedua dan berhak lolos ke putara final Euro 2012 dengan predikat runner up terbaik.

   (bola/end)